Analisis Swot Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar

Jaenudin Jaenudin, Fadllurrahman Fadllurrahman, Rizal Firdaus, Dede Ruba'i Misbahul Alam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi tri pusat pendidikan sebagai model pendidikan karakter religius di sekolah dasar dengan menganalisis aspek-aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan, agar memudahkan para pengelola pendidikan karakter religius di persekolahan, di masyarakat dan di rumah dalam menjalankan program-programnya. Analisis SWOT dipilih sebab fungsinya sebagai suatu alat analisis yang bertujuan untuk menemukan dan menentukan langkah-langkah strategis dalam suatu program tertentu. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ialah mix method concurrent design atau metode campuran concurrent, hal ini dilakukan sebab dalam penelitian ini dilakukan dua pendekatan penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Dalam menganalisis berbagai aspek dalam implementasi tri pusat pendidikan sebagai model pendidikan karakter religius di sekolah dasar peneliti menerapkan analisis data kualitatif dengan menjabarkan aspek-aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan secara kualitatif deskriptif. Sementara dalam menganalisis strategi yang harus diambil dalam implementasi tri pusat pendidikan sebagai model pendidikan karakter religius di sekolah dasar peneliti melakukan analisis data kuantitatif dengan menghitung bobot dan rating setiap aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan sehingga menghasilkan positioning strategi dalam kuadran SWOT. Kajian analisis deskriptif kualitatif SWOT terhadap implementasi tri pusat pendidikan sebagai model pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar menemukan strategi SO (strength-opportunity), ST (strenght-threat), WO (weakness-opportunity) dan WT (Weakness-Threat). Analisis kuantitatif SWOT terhadap implementasi tri pusat pendidikan sebagai model pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar menemukan bahwa positioning implementasi tri pusat pendidikan sebagai model pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar berada pada titik kuadran ke 1, hal ini bermakna kondisi paling menguntungkan sebab sejumlah kekuatan internal yang ada dapat memanfaatkan berbagai peluang eksternal yang ada, sehingga diterapkan strategi agresif.


Keywords


Analisis SWOT, Tri Pusat Pendidikan, Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W., dan J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Disunting oleh Helen Salmon. 5 ed. SAGE Publication. Inc., 2018.

Fadllurrohman, Jaenudin, dan Arizqi Ihsan Pratama. “Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023).

Hakam, Kama Abdul. “Tradition of Value Education Implementation in Indonesian Primary Schools.” Journal of Social Studies Education Research 9, no. 4 (2018).

Indonesia, Pemerintah Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Undang-Undang Republik Indonesia, no. 1 (2013).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.” https://www.kemdikbud.go.id/, 2017. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Presiden Republik Indonesia. “Peraturan Presiden Republik Indonesia No 87 tahun 2017.” SETKAB Republik Indonesia, 2017. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Mengahadapi Abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Riset dan Pengembangan. 25 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Wardoyo, Paulus. Enam Alat Analisis Manajemen. 1 ed. Semarang: Semarang University Press, 2011.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. 4 ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.