REINFORCEMENT POSITIVEUNTUK MENINGKATKAN RAWAT DIRI ANAK DENGAN KETERBATASAN INTELEKTUAL

Hardiyanti Rahmah

Abstract


Anak dengan keterbatasan intelektual memiliki kemampuan kognitif yang rendah sehingga berakibat pada kemampuan rawat diri yang rendah pula. Kondisi psikologis berupa keterbatasan intelektual pada DSM-V dijelaskan dengan indikasi klasifikasi IQ dibawah rata-rata, terdapat defisit dalam fungsi intelektual dan bersifat adaptif yang terjadi pada periode pertumbuhan.Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan terutama pada rawat diri individu dengan keterbatasan intelektual, yaitu bisa mandiri dalam mandi dan berpakaian, maka diberikan intervensi berupa terapi perilaku dengan teknik reinforcement positive. Subjek pada penelitian ini adalah anak perempuan usia 9 tahun dan memiliki intelegensi dibawah rata-rata. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penggunaan tes psikologi. Desain penelitian ini berupa studi kasus untuk menguji efektivitas terapi yang digunakan. Hasilnya menunjukkan perubahan positif dari subjek, yaitu meningkatnya meningkatnya kemampuan rawat diri.


Keywords


Reinforcement Positive, Keterbatasan Intelektual

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. Diagnostic and statistical manual of mental disorders fifth edition. Washington DC: American Psychiatric Publishing. 2013.

Anastasi, A & Urbina, S.Tes psikologi. (Terj. Robertus H.S Imam) (7ed). Jakarta: PT Indeks. 2007.

Baroon, A. & Galizio, M. Positive and Negative Reinforcement: Should the Distinction Be Preserved?The Behavior Analyst, 28, 2, 85-98, 2005.

Chamovitz, S. Y., Selanikio, E., Artzi, N., Prigal, Y., & Fishman, R. Occupational therapy and intellectual and developmental disability throughout the life cycle: Position paper.The Israeli Journal of Occupational Therapy, 19, 1, 3-8, 2010.

Creswell, J. W. Research design: Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan mixed. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. 2010.

Davison, G.C., Neale, J.M., & Kring, A.M.Psikologi abnormal. (Terj. Noermalasari Fajar) (9ed). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 2006.

Feist, J. & Feist, G. J. Teori kepribadian: Theories of Personality. (Terj. Handriatno). Jakarta: Salemba Humanika. 2010.

Ishartiwi. Identifikasi bentuk intervensi pembelajaran dan perilaku belajar anak retardasi mental.Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3,1, 1-15, 2010.

Lakhan, R. Behavioral management in children with intellectual disabilities in a resource-poor setting in Barwani, India.Indian Journal Psychiatry, 56, 1, 39–45, 2014.

Maag, J. W. Rewarded by punishment: Reflections on the disuse of positive reinforcement in schools.Exceptional Children, 67, 2, 173-186, 2001.

Martin, G. & Pear, J. Modifikasi perilaku makna dan penerapannya. Edisi 10. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2015.

Medeiros, K. Behavioral interventions for individuals with intellectual disabilities exhibiting automatically-reinforced challenging behavior: Stereotypy and self-injury. Journal of Psychological Abnormalities in Children, 4, 3, 2-8, 2015.

Moleong, J. L. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Nelson. R., & Jones. Teori dan praktik konseling dan terapi. (Terj. Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto).(4ed).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Olson, M. H. & Hergenhahn, B. R. Pengantar teori-teori kepribadian. Edisi 8. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2013.

Widdowson, M. Case study research methodology.International Journal of Transactional Analysis Research, 2, 1, 25-34, 2011.

Witzel, B. S. & Mercer, C. D. Using rewards to teach students with disabilities implications for motivation. Remedial And Special Education, 24, 2, 88-96, 2000




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.