Media Pop Up Book Digital pada Materi Rantai Makanan Kelas V Sekolah Dasar

Vrisca Bhetris Dandung, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Media pembelajaran digital merupakan faktor penting yang dapat menunjang pembelajaran di era globalisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop Up Book digital dengan materi rantai makanan kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Responden dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa kelas V dan seorang guru kelas V SDN 03 Madiun Lor. Data dalam penelitian diperoleh melalui teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan angket. Penelitian ini menghasilkan persentase validasi ahli media sebesar 90%, persentase validasi ahli materi sebesar 84%, persentase validasi ahli bahasa sebesar 80%, persentase uji coba perorangan sebesar 100%, persentase uji coba kelompok kecil sebesar 100%, persentase uji coba lapangan sebesar 93%, persentase uji respon guru sebesar 100%, dan persentase uji respon siswa sebesar 93,6%. Hasil tersebut menyatakan bahwa media Pop Up Book digital yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran rantai makanan kelas V SD.


Keywords


Pop Up Book Digital, Materi Rantai Makanan, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. 2013.

Aini, A. N., & Yuliawati, F. Efektivitas Media Pop-Up Book Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Purworejo. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5 no.2 (2020).

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5 no.1 (2022).

Astuti, R. W., & Prasasti, P. A. T. Pengaruh Scientififc Approach dalam Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Biology Learning, 1 no.1 (2019).

Baiti, N. N. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Melalui Aplikasi Sway Pada Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas 3 SDN Karangsono Tahun 2020-2021. Skripsi. Madiun: Universitas PGRI Madiun. 2021.

Branch, R. M. Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia 53 no.9 (2009).

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, Yana Fajar Prakasa, Rahmat Putra Ahmad Hasibuan, A. D. A. A. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia. 2023.

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4 no.2 (2020).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai Tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12 no.1 (2021).

Marlina, L. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Aplikasi Flip Builder Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Penerapan Pancasila Dalam Konteks Berbangsa Terhadap Memotivasi Belajar Siswa. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, dan Politik, 6 no.1 (2023).

Marpaung, J. N., & Cendana, W. Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 no.7 (2020).

Mutayasiroh, S. K. Komparasi Media Audio-Visual dan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nuqthah, 1 no.1 (2021).

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. SETS-based guided experiment book: Empowering science process skills of elementary school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4 no.3 (2018).

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. Sets: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun. 2019.

Prasetyo, Y. A., Aka, K. A., & Primasatya, N. Pengembangan Media Video Scribe pada Materi Rantai Makanan Kelas V SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Journal on Education, 5 no.2 (2023).

Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal Of Biology Education, 3 no.2 (2020).

Rokhayati, I. T., Prasasti, P. A. T., Maruti, E. S., & Irawan, N. Quality of E-Book Teaching Materials with Scientific Inquiry Approach in Strengthening Science Literacy for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 5 no.3 (2022).

Sobron, A. N., & Bayu, R. Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1 no.2 (2019).

Sugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.