Pengembangan E-LKPD Menggunakan Liveworksheet Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar

Shelviana Shelviana, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Bahan ajar dalam bentuk digital memberikan kebaruan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan e-LKPD menggunakan liveworksheet pada materi sistem pencernaan manusia kelas V. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Sampel yang digunakan pada penelitian ini peserta didik kelas V SDN 01 Manguharjo berjumlah 36 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar observasi, lembar validasi ahli, dan lembar angket respon. Berdasarkan hasil penelitian, validasi ketiga ahli memperoleh presentase gabungan sebesar 82,3% sehingga masuk ke dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba perorangan memperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat valid, uji coba lapangan memperoleh hasil rata-rata 94% dengan kategori sangat valid dan uji coba lapangan memperoleh hasil rata-rata 94,9% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon pendidik memperoleh presentase sebesar 96% dengan kategori sangat valid dan respon peserta didik memperoleh rata-rata 93,3% termasuk kategori sangat valid. Hasil angket menunjukkan bahwa bahan ajar e-LKPD menggunakan liveworksheet pada materi sistem pencernaan manusia kelas V layak digunakan saat pembelajaran.


Keywords


Digital, e-LKPD, Liveworksheet

Full Text:

PDF

References


Akbar, P. D. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.

Amita Tri Prasasti, P., & Dewi, C. Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4 no.1 (2020).

Astuti, R. W., & Prasasti, P. A. T. Pengaruh Scientififc Approach dalam Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Biology Learning, 1 no.1 (2019).

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1 no.1 (2017).

Branch, R. M. Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia 53 no. 9 (2009).

Hadisaputra, S. S. & P. Penelitian Kualitatif (Nurlaeli (ed.); 1st ed. Holistica. 2020.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1 no.1 (2019).

Lestari, A. B. Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Web Liveworksheet di SMAN5 Metro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1 no.1 (2022).

Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA 5 no.1 (2021).

Listiani, I. Efektivitas Lembar Kerja Untuk. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35 (2018).

Martalia, R., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Project Based Learning dalam Menguatkan Literasi Sains pada Siswa SD. Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14 no.02 (2022)..

Megariyani, K., Mursidik, E. M., & Listiani, I. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan pemahaman Konsep Gaya Magnet Melalui Modul Kartun Berbasis Experiental Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7 no.1 (2019).

Ikhlashul. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 no.5 (2022).

Prabowo, A. Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1 no.10 (2021).

Pramana, K. T. Y., Renda, N. T., E-LKPD Berbasis HOTS dengan Liveworksheet Materi Sistem Pernafasan Manusia. Jurnal Pedagogi 5 no.3 (2022).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV (2016).

Yuniati, S., Murniviyanti, L., & Prasrihamni, M. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD. Journal of Educational Review and Research, 6 no.2 (2022).

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10 no.3 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.