Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Indah Auliya Agustiningrum, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Media pembelajaran menjadi pilihan utama dalam mengajar dan mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa memahami materi pelajaran. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media video animasi pada materi suhu dan kalor kelas V sekolah dasar dan mengetahui kelayakan media animasi dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas V SDN Sumberejo 01 berjumlah 19 siswa. Pada pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, angket ahli materi, angket ahli bahasa, angket respon guru, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan ahli media 96%, ahli materi 90%, ahli bahasa 90% yang dikategorikan "sangat valid" dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Hasil angket respon guru menunjukkan 100% dan angket respon siswa 96,8% dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis canva pada materi suhu dan kalor kelas V layak digunakan pada pembelajaran IPA.


Keywords


Media Pembelajaran, Video Animasi, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2022.

Al-Murabbi, J. Wiwin Fachrudin Yusuf. Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD) (2018).

Amita, P., Prasasti, T., & Dewi, C. Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4 no.1 (2020).

Hamzah, A. Metode Penelitian & Pengembangan (Reasearch & Development) Uji Coba Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Literasi Nusantara. 2019.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu 5 no.4 (2021).

Khasanah, Q., Amita, P., Prasasti, T., Kusumawati, N., Guru, P., & Dasar, S. Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4 no.2 (2022).

Prasetyo. Kelayakan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Daur Air Kelas V SD. (2022).

Rohaeni,S. Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini, Instruksional 1 no.2 (2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. 2019.

Yosiva, A., Media Video Pembelajaran IPA Materi Suhu Dan Kalor Berbasis Praktikum Sederhana Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Jl Tamansari, F., & Tamansari Kota Tasikmalaya. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.