Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Wafa (Studi Kasus SDIT Nurul Fikri Banjarmasin)

Asriannor Asriannor, Syarifah Nur Aini

Abstract


Terlahirnya metode Wafa dikarenakan ingin mewujudkan pembelajaran Al-Qur’an yang komprehensif dan menyenangkan. Model pembelajaran menggunakan sistem Quantum Teaching melalui TANDUR yang merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Sehingga mempelajari Al-Qur’an menjadi mudah dan menyenangkan termasuk menghafalkannya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana cara guru menerapkan metode Wafa untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan cara guru menerapkan metode Wafa untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin dan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliti lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus. Adapun subjek penelitian ini adalah 10 orang guru Al-Qur’an dan 10 orang siswa SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan tes lisan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Wafa dapat meningkatkan hafalan Al-Qur’an di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Adapun faktor yang mendukung antara lain, media pembelajaran yang menunjang, dukungan penuh dari sekolah dan evaluasi bukan hanya dari peserta didik tetapi juga dilakukan oleh kelompok guru Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain, peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan memiliki kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an, kemampuan guru Al-Qur’an dan wali kelas dalam menghafal Al-Qur’an yang belum konsisten dan tidak selarasnya tujuan di sekolah dan di rumah.


Keywords


Metode Wafa, Meningkatkan, Kemampuan Menghafal, Siswa SD

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Abu & Narbuko, Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Arifin, Zainal. Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Cahyadi, Ani. Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia, 2019.

Dalyono, Muhammad. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Departemen Agama RI. Al-Quran Terjemahan. Bandung: CV Darus. Sunnah, 2015.

Hamzah B. Uno. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hidayat, Adi. Metode Attaisir 30 Hari Hafal Alquran. Bekasi: Institut Quantum Akhyar, 2018.

Lubis, Sopian. “Konsep Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Pendidikan Dasar (Tinjauan Normatif Pada Pendidikan Dasar SD/MI).” Mubtada: Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2020).

Mahfudhon, Ulin Nuha. Jalan Penghafal Al-Qur’an. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Mawardi, Abdullah. Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Munir, Misbahul. Ilmu Dan Seni Qiraatil Quran : Pedoman Bagi Qari-Qari’ah, Hafidh-Hafidhoh Dan Hakim Dalam MTQ. Semarang: Binawan, 2005.

Nur Aini, Syarifah. “Tren Karantina Tahfizh Alquran Dalam Keluarga Milenial: Studi Kasus Karantina Tahfizh Alquran Yayasan Amanah Umat Banua Kalimantan Selatan.” Muasarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 2, no. 2 (2020).

Rusman. Model-Model Pengembangan Pembelajaran Profenalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Sanjaya, Wina. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.

Shihab, Quraish. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 2007.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.