Peran Guru Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Siswa Kelas V di SD Negeri Giyono Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung)

Ambarwati Ambarwati, Situ Asih, Dwiyono Putranto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas lima di SD Negeri Giyono Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru kelas sebagai pelaksana bimbingan konseling telah terlaksana, namun masih terdapat beberapa peran yang belum terlaksana secara maksimal dalam pelaksanaan layanan bimbingan. Peran guru kelas lima SD Negeri Giyono sebagai pelaksana layanan bimbingan konseling yang terlaksana diantaranya, guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, guru sebagai penasihat. Hambatan guru kelas lima SD Negeri Giyono dalam layanan bimbingan konseling yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, karakteristik siswa, kurangnya pemahaman guru kelas. Upaya guru kelas dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling diantaranya yaitu guru memahami karakteristik siswa yang berbeda, memahami kebutuhan perkembangan anak, menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan reward dan pujian.


Keywords


Peran Guru, Bimbingan Konseling, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Fathoni, Achmad, Ahmad Muhibbin, Zainal Arifin, Wahdan Najib Habiby, dan Mohd Erfy Ismail. “Implementation of Guidance and counselling Services to Muhammadiyah Elementary schools, Surakarta, provincial central Java, Indonesia.” Kasetsart Journal of Social Sciences 42, no. 1 (2021).

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Utami Evi Fatmi, istiqomah Ria Rahmatul, Fardani Roushandy Asri, Sukmana Dhika Juliana, dan Sukmana Dhika Hikmatul. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020.

Ismaya, Erik Aditia. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 11 (2021).

Juliya, Mira, dan Yusuf Tri Herlambang. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Genta Mulia XII, no. 1 (2021).

Kandiri, dan Afandi. “Guru Sebagai Model dan Teladan dalam Meningkatkan Moralitas Siswa.” Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam 6, no. 2 (2021).

Lestari, Myrna Apriyany. Bimbingan Konseling di SD (Mendampingi Siswa Meraih Mimpi). Jogjakarta: Deepublish, 2020.

McConnell, Kat R, Rachel Louise Geesa, Renae D Mayes, dan Nicholas P Elam. “Improving School Counselor Efficacy through Principal-Counselor Collaboration: A Comprehensive Literature Review.” Mid-Western Educational Researcher 32, no. 2 (2020).

Mujiyanto, Mujiyanto, Mirrah Megha Singamurti, dan Suharno Suharno. “Faktor Determinan Peran Guru dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Buddha Tingkat SMP di Jawa Tengah.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022).

Peraturan Pemerintah RI. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta, 2003.

Prihartini, Yogia, Wahyudi Buska, Nur Hasnah, dan Muhammad Ridha Ds. “Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 02 (2019).

Rezania, Vanda. Buku Ajar Layanan Bimbingan Di SD. Pertama. Jawa Timur: UMSIDA Press, 2018.

Salim, dan Haidir. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana, 2019.

Su, Yi-Wen, dan Jacqueline M. Swank. “Attention Problems and Mindfulness: Examining a School Counseling Group Intervention With Elementary School Students.” Professional School Counseling 22, no. 1 (2019).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Tokan, Moses Kopong, dan Mbing Maria Imakulata. “The Effect of Motivation and Learning Behaviour on Student Achievement.” South African Journal of Education 39, no. 1 (2019).

Widada. “Peran Guru Sekolah Dasar (Guru SD) dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling.” Jurnal Wahana Sekolah Dasar 8293 (2018).

Yestiani, Dea Kiki, dan Nabila Zahwa. “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4, no. 1 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.