Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB

Ichda Nurul Marlita, Siti Masfuah, Lovika Ardana Riswari

Abstract


Peneltian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran TGT berbasis media FTB. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian Kemmis & Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Birrul Walidain dengan subjek penelitian 30 siswa. Peneilitian ini dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri 2 pertemuan. Dalam setiap pertemuan melalui 4 tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada muatan IPAS mengalami peningkatan setiap siklusnya, hal ini terbukti dari siklus I hasil belajar pada elemen pemahaman IPAS siswa memperoleh keberhasilan sebesar 66,67% dan siklus II meningkat mencapai 86,67% sedangkan pada elemen keterampilan proses siswa siklus I memperoleh 65,60%, naik pada siklus II mencapai 76,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbasis media FTB dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Muhammadiyah Birrul Walidain.


Keywords


Teams Games Tournament, Fun Thinkers Book, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), (2022).

Anjarani, Anti Santika, Ahmad Mulyadiprana, dan Resa Respati. Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (4) (2020).

Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2019.

Armidi, Ni Luh Sri. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6 (2) (2022).

Artinta, Sindy Vega, dan Hanin Niswatul Fauziyah. Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1 (2) (2021).

Asiyah, Ahmad Walid, dan Raden Gamal Tamrin Kusumah. Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9 (3) (2019).

Dakhi, Agustina Sukses. Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 8 (2) (2020).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Indonesia, Keputusan Kepala BSKAP Nomor 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. 2022.

Permatasari, Norhayati Endah. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Gambar. JPSD, 3 (2) (2017).

Purnawanto, Ahmad Teguh. Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal IlmiahPedagogy, 20 (1) (2022).

Putri, Ni Putu Ikka, I Gusti Ayu Tri Agustiana, dan Alexander Hamonangan Simamora. Model Pembelajaran Aktif Berbantuan Fun Thinkers Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10 (3) (2022).

Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama. 2017.

Sari, Nita Mustika, Siti Masfuah, dan Sekar Dwi Ardianti. Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Pletokan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (2) (2020).

Setianingsih, Dewi, Kunti Dian Ayu Afiani, dan Lilik Binti Mirnawati. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas III Sd Muhammadiyah 8 Surabaya. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (1) (2021).

Solihah, Ai. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1 (1) (2016).

Somadayo, Samsu. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

Lena, Mai Sri, Sahrun Nisa, Tiara Utari, dan Hafsah Anas. Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3 (3) (2023).

Sudhyatmika, I Komang Wahya, I Gusti Ayu Tri Agustiana, dan Gede Nugraha Sudarsana. Media Fun Thinkers Pada Materi Perubahan Energi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, 27 (2) (2022).

Suharni. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6 (1) (2021).

Taniredja, Tukiran, Efi Miftah Faridli, dan Sri Harmianto. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta. 2017.

Wardana, Renanda Wahyu, Lovika Ardana Riswari, dan Lintang Kironoratri. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4 (1) (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.