Media Pembelajaran Digital Generasi Alpha Era Society 5.0 Pada Kurikulum Merdeka

Nurul Hafizah

Abstract


Penelitian ini krusial karena memaparkan bagaimana menghadapi era digital yang muncul agar proses pembelajaran di dalam kelas dapat maksimal dan meimbangi perkembangan zaman juga dapat memenuhi setiap kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengarahkan guru untuk memberi referensi pengetahuan tentang apa saja media pembelajaran digital yang cocok dengan generasi alpha era society 5.0 pada kurikulum merdeka, agar dapat memuaskan memotivasi belajar peserta didik generasi alpha dan memastikan kebutuhan peserta didik telah terpenuhi. Penelitian ini ditulis berdasarkan jenis penelitian kepustakaan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, dan analisis yang diterapkan memakai teknik analisis isi (content analysis). Media pembelajaran digital generasi alpha yang cocok diterapkan pada zaman sekarang yaitu animasi atau digital video, podcast atau media audio, augmented reality, virtual reality, game edukasi, e-module interaktif, dan powerpoint juga focusky. Pada pemilihan media pembelajaran digital pada kurikulum merdeka ini dipilih tergantung pada gaya belajar peserta didik dikelas dengan tujuan memfasilitasi kebutuhan mereka, dengan terciptanya pembelajaran yang berpihak pada peserta didik, diharapkan akan mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan merdeka. 


Keywords


Generasi Alpha, Media Pembelajaran Digital, Society 5.0, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Aprileny Hutahaean, Lidia, Siswandari, and Harini. “Utilization of Iteractive E-Module as a Learning Media in the Digital Age.” Proceedings of the National Seminar on Postgraduate Educational Technology UNIMED 1, no. 2018 (2019).

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hamdan Husein Batubara. Media Pembelajaran Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2021.

Haqqi, Halifa, and Hasna Wijayati. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0. Yogyakarta: Quadrant, 2019.

Hidayat, Ahmad. Pendidikan Generasi Alpha. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2022.

Idhartono, Amelia Rizky. “Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 6, no. 1 (2022).

Joenaidy, Abdul Muis. Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana, 2019.

Kustandi, Cecep, and Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2020.

Lubis, Denny, and Yeni Umardin. “Family Guide: Alpha Generation Is ON !” Ceria Creative Indonesia, 2017.

Melodiana, Nuvis, and Hyronimus Lado. “Optimalisasi Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran Abad 21.” In Naskah Hypermedia, 1–54. Jakarta: Balai Layanan Platform Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2023.

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Panjaitan, Nur Qomariah, Elindra Yetti, and Yuliani Nurani. “Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020).

Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (2022).

Sagala, Filemon, and Munawir Patilima. “Ekosistem Digital Merdeka Belajar Di PAUD, Pendidikan Dasar Dan Menengah.” In Naskah Hypermedia, 1st ed., 32. Jakarta: Balai Layanan Platform Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2023.

Samsu. Metode Penelitian. Jambi: Pusaka, 2017.

Santoso, Subhan Adi. Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020).

Sari, Nia Yunia. “Psikologi Pendidikan Anak (Pentingnya Peran Orangtua Dalam Tumbuh Kembang Pendidikan Anak).” Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah 2, no. 2 (2021).

Sitepu, Ekalias Noka. “Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Mahesa 1, no. 1 (2021).

Sukarini, Anita, and Rini Sri Lestari. “Dasar-Dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berteknologi Digital.” In Naskah Hypermedia, 20. Jakarta: Balai Layanan Platform Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2023.

Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, and Aditin Putria. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

T., Abdi Mirzaqon, and Budi Purwoko. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing.” Jurnal BK UNESA, no. 1 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2699

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.