Manajemen Konflik dalam Pedidikan Islam Multikultural

Ana Bintari, Musyarapah Musyarapah

Abstract


Konflik akan selalu ada dalam sebuah organisasi, dan konflik yang baik harus dikelola agar tidak semakin memperburuk situasi, namun konflik yang terlalu rendah juga mengakibatkan suatu organisasi tidak mengalami peningkatan mutu atau yang sering disebut dengan stagnasi. Untuk memperdalam pemahaman penulis terhadap manajemen konflik, maka pada kesempatan ini penulis tertarik melakukan penelitian terhadap sebuah lembaga pendidikan islam, yang mana dalam lembaga tersebut meski seluruh pendidik, tenaga pendidikan dan peserta didiknya beragama islam, bahkan terlihat hampir tidak terdapat konflik, sehingga menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian demi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi dasar penelitian penulis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik penggalian data melalui wawancara mendalam dan observasi aktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui konflik apa saja yang terjadi dalam lembaga pendidikan islam tersebut, (2) Bagaimana kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan islam ini dalam mengatasi konflik, (3) Hal apa yang menjadi dasar kepala sekolah dalam mengelola konflik yang terjadi dalam lembaga pendidikan islam yang dipimpinnya. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah di lembaga pendidikan islam tempat peneliti melakukan penelitian, dalam mengatasi konflik telah melaksanakan dengan penuh tanggung jawab dalam mengambil perannya sebagai manajer dan pemimpin lembaga tersebut. Akhirnya penulis berpendapat bahwa kepemimpinan dn peran kepala sekolah sebagai manajer dan pemimpin yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, serta cara mengelola perbedaan pendapat, sudut pandang, tujuan dan cara pencapaian tujuan antarindividu, kelompok, atau organisasi dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tepat dapat menjadikan konflik sebagai potensi positif.


Keywords


Manajemen Konflik, Pendidikan Islam, Multikultural

Full Text:

PDF

References


Anwar, Khoirul. “Urgensi Penerapan Manajemen Konflik Dalam Organisasi Pendidikan.” Al Fikri Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2018.

Arifin, Rusman. “Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola konflik di SDN UPT Tapin Bini Kecamatan Lamandau Kabupaten Lamandau,” 2020.

Asiah T, Siti. Manajemen Konflik teori dan Aplikasi. Pustaka Cendikia, 2017.

Bintari, Ana, Dakir Dakir, Dan Muslimah Muslimah. “Manajemen Mutu Terpadu Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan.” EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2, no. 2 (2022): 161–67.

Dalimunthe, Syairal Fahmi. “Manajemen Konflik Dalam Organisasi.” Jurnal Bahas Unimed 27, no. 1 (2016).

Echols, John M., dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Hengki Irawan Setia Budi. Manajemen konflik : mengelola marah & stres secara bijak. Sleman: Deepublish, 2020.

Jamil Wahab, Abdul. Manajemen Konflik Keagamaan (Analisis Latar Belakang Konflik Keagamaan Aktual). Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Primapena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gitamedia Press, t.t.

Puspita, Weni. Manajemen Konflik (Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi, dan Pendidikan). Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka setia, 2019.

Saifudin, I. Made Moh Yanuar, Hasniah Dina, Ina Laela Abdillah, Josepha Mariana Tamaela, dan Lusi Anika. “Manajemen Konflik Keperawatan Di Tatanan Klinis: Studi Literatur.” Journal of Advanced Nursing and Health Sciences 2, no. 1 (28 Februari 2021).

Supendi, Cecep. “Manajemen Konflik Dalam Peningkatan Kinerja Guru Perspektif Al-Qur’an,” t.t.

“Surah Al-Ḥujurāt - سُورَة الحجرٰت | Qur’an Kemenag.” Diakses 28 Desember 2022.

Yusuf, Muhammad, dan Muhammad Shoffa Saifillah Al Faruq. Manajemen Konflik dan Stres (Orientasi dalam Organisasi). Wade Group, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.