Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Jenjang Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Fatonah Salfadilah, Yusuf Rendi Wibowo, Muhamad Supriadi, Maulina Amanabella, Uswatun Hasanah, Fildza Malahati

Abstract


Kurangnya partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran siswa menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Pada kenyataannya, orang tua mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap seberapa baik siswa belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana orang tua dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan Systematic Literature Review (SLR) digunakan dalam penelitian ini untuk mencari, menelusuri, dan menilai hasil yang relevan dengan topik penelitian. Evaluasi menyeluruh terhadap penelitian ini mengungkapkan bahwa orang tua memainkan peranan penting dalam seberapa baik siswa belajar. Ada beberapa hal yang orang tua dapat lakukan untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan belajarnya, seperti memberikan bantuan belajar di rumah, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya, memberikan motivasi agar siswa tertarik belajar, memberikan pengetahuan yang berguna bagi siswa, dan menyediakan sarana belajar yang cukup. Namun, orang tua menghadapi sejumlah tantangan ketika mencoba mengarahkan pembelajaran anak-anak mereka. pertama, tingkat pendidikan orang tua yang berbeda-beda. Kedua, berkurangnya waktu orang tua untuk mendampingi anak belajar karena padatnya jadwal. Ketiga, ketidaksabaran orang tua dalam mendidik anak di rumah. Keempat, kesulitan orang tua untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Kelima, keterbatasan fasilitas. Keenam, kesulitan orang tua dalam mengoperasikan teknologi.


Keywords


Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Systematic Literature Review

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, Sania. “Konsep Pendidikan Keluarga Menurut Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (28 Mei 2021).

Arnum, Nada Qumala, dan Nur Hidayat. “Upaya Orang Tua dalam Menanamkan Sikap Kepedulian Sosial di Masyarakat Anak Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (6 Januari 2023).

Atikah, Nur, Marlina Marlina, dan Desyandri Desyandri. “Analisis Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Peran Orang Tua.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 1 (15 Juni 2021).

Atriyanti, Yuli. “Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3, (2020).

Choirunisa, Maulia Isna, dan Zaenal Abidin. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Selama Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022).

Dakhi, Agustin Sukses. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Education and Development 8, no. 2 (7 Mei 2020).

Emiyati, Ayang. “Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah dalam Menghadapi Situasi Covid 19.” Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya 4, no. 1 Extra (31 Juli 2020).

Komariah, Komariah, Sakbaniah Sakbaniah, Susi Juliani, Muhammad Erlangga Pratama, dan Bambang Armada. “Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandami Covid 19 di Desa Perlang Kabupaten Bangka Tengah.” IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education 2, no. 2 (1 September 2021).

Mentari, Setya Selaksa, Yatha Yuni, dan Niken Vioreza. “Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aljabar Di Masa Pandemi COVID-19.” Journal of Instructional Mathematics 2, no. 2 (22 November 2021).

Na’im, Zulfatun, dan Eva Luthfi Fakhru Ahsani. “Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring.” Pedagogika, 16 (April 2021).

Permatasari, Riri Puspita Dewi, dan Ekasatya Aldila Afriansyah. “Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu 1, no. 1 (31 Juli 2022).

Pratama, Wahyu, dan Rahayu Kuswardani. “Environmental Factors Affecting Learners’ Autonomy In The Covid-19 Pandemic.” Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL) 2, no. 2 (2021).

Salfadilah, Fatonah, Andi Prastowo, dan Yusuf Rendi Wibowo. “Aplikasi Kahoot Sebagai Media Penilaian Kognitif Berbasis Hots di Sekolah Dasar.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 6, no. 1 (2023).

Siregar, Septi Lastri. “Hubungan Kompetensi Guru Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SD IT Miftahul Jannah.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 2 (26 Agustus 2021).

Theresia, Sara, Regina Sipayung, dan Ester Simarmata. “Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Kelas Va Sd Agia Sophia.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6, no. 2 (29 November 2020).

Wardani, Anita, dan Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (22 Agustus 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.