Perubahan Ilmu Pendidikan Dalam Prespektif Paradikma Revolusi Thomas S Kuhn

Mutmainna B., Yuanita Yuanita, Ahmad Arifi

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan terjadi diakibatkan oleh adanya proses pembaharuan terhadap teori-teori yang sudah ada, yang dibentuk berdasarkan dari hasil penemuan ilmiah. Hasil dari ilmu pengetahuan hendaknya memberi dampak positif bagi manusia, namun di sisi lain juga memberikan dampak negatif. Penulisan ini merupakan penelitian studi pustaka yang bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi terkait yang berkaitan dengan pemikiran Thomas S Kuhn mengenai paradigma dan revolisi ilmiah terhadap ilmu pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan mengumpulkan informasi serta data-data dari jurnal artikel yang berkaitan dengan pembahasan. Data-data yang telah di dapatkan kemudian dilanjutkan dengan cara  di analisis melalui reduksi data dan display data  Paradikma merupakan suatu model atau pola yang digunakan untuk membandingkan teori ilmu lama dengan teori ilmu pengetahuan dan kerangka fikir Dalam dunia penelitian, paradikma di bagi atas dua ciri yang menjadi identitasnya. Diantaranya: satu terdapat unsur baru yang dapat menarik ilmuan lain untuk keluar dari persaingan kerja dalam kegiatan ilmiah sebelumnya. Dua, menawarkan pula persoalan-persoalan baru yang masih terbuka dan belum terselesaikan. Revolusi  ilmu  meerupakan suatu kejadian yang membahas tentang perubahan pola berfikir serta pendapat manusia dalam upaya memperoleh ilmu pengetahuan. Dimana perubahan-perubahan tersebut meliputi cara berfikir konkrit ke cara berfikir realitas. Rangkaian siklus revolusi llmiah dibedakan menjadi empat tahap diantaranya:tahap persiapan, tahap normal, tahap kritis, dan tahap revolusi ilmiah


Keywords


Pendidikan, Paradigma, Revolusi Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Syukri. “Paradigma Pengembangan Ilmu Pengetahuan Thomas S. Kuhn dan Relevansinya Dengan Kajian Keislaman.” Al-Ittihad Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam 6, no. 1 (2020).

Ach, Maimun. “Filsafat Dinamis-Integralistik; Epistemologi Dalam Pemikiran Muhammad Iqbal.” Kabilah: Journal Of Social Community 3, no. 2 (2018).

Almas, Afiq Fikri. “Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu Dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning).” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 3, no. 1 (2018).

Damayanti, Septi Nur, dan Hamka Mujahid Ma‟ruf. “Epistemologi Saintifik Thomas S. Kuhn terhadap Munculnya Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Filsafat Indonesia 1, no. 3 (2018).

Effendi, Rahmat. “Rahmat Effendi. “Revolusi Ilmiah Thomas Kuhn Perubahan Paradigma Dan Implikasi Dalam Bangunan Ilmu Keislaman.” Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 23, no. 1 (29 Juli 2020).

Farid, Edi Kurniawan. “Paradigma dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn Serta Relevansinya Dalam Ilmu-Ilmu Keislaman.” Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam 19, no. 1 (2021).

Kesuma, Ulfa, dan Ahmad Wahyu Hidayat. “Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma.” Jurnal Islamadina 21, no. 2 (2020).

Komarudin. “Paradigma dan Revolusi Ilmu Pengetahuan Perspektif Thomas Kuhn.” Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2021).

Kurniawan, Rofiq, dan Yudi Ardian Rahman. “Revolusi Ilmiah Membedah Paradigma Sains Perspektif Thomas Khun.” Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2021).

Lubis, Akhyar Yusuf. Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer. Rajawali Pers, 2015.

Mustaring, Mustaring. “Revolusi Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Terhadap Pembaharuan Hukum Islam.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 12, no. 1 (20 Januari 2014).

Nurkhalis. “Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11, no. 2 (2012).

Putri, Fia Alifah, dan Wahyu Iskandar. “Paradigma thomas kuhn: revolusi ilmu pengetahuan dan pendidikan.” Nizhamiyah 10, no. 2 (2020).

Sabila, Nur Akhda. “Paradigma dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn(Aspek Sosiologis, Antropologis, dan Historis dari Ilmu Pengetahuan).” Jurnal Pemikiran Islam 5, no. 1 (2019).

Ulya, Inayatul, dan Nushan Abid. “Pemikiran Thomas Kuhn Dan Relevansinya Terhadap Keilmuan Islam.” Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan 3, no. 2 (2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.