Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Surat An-Naba’ dan An-Nazi’at pada Santri Kelas 4 di Rumah Tahfidz Daarul Hijrah

Laila Nur Safitri, Akil Akil, Acep Nurlaeli

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya ketidaksesuaian guru pembimbing tahfidz dalam menggunakan metode atau cara mengajar dengan cara sistem setoran, yang dimana santri sudah melanjutkan ke ayat berikutnya padahal mereka belum terlalu hafal ayat sebelumnya, sehingga menyebabkan adanya santri yang masih tersendat-sendat dalam setoran hafalan, terlewat bacaan ayatnya ketika setoran dan masih tidak sesuai menggunakan tajwid maupun makharijul hurufnya dalam setoran hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Penerapan Metode One Day One Ayat dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran Surah An-Naba dan An-Nazi’at, 2. Meningkatnya motivasi menghafal Al-Qur’an surat An-Naba’ dan An-Nazi’at, dan 3. Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode one day one ayat dalam meningkatkan motivasi menghafal surat An-Naba’ dan surat An-Nazi’at. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Adapun subyek penelitiannya yaitu guru pembimbing tahfidz, guru pengurus, santri dan wali santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, tahap-tahap yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa penerapan metode ODOA diterapkan bagi santri yang sudah lancar hafalannya, jika sudah lancar maka guru pembimbing akan menargetkan hafalan baru satu ayat dengan mendikte per penggalan ayat selanjutnya untuk dihafal. Kemudian, guru pembimbing menggunakan kata kunci di setiap ayatnya dan ketukan pada tajwid yang digunakan untuk mengantisipasi dari lupa hafalan serta ketidaktepatan dalam menggunakan tajwid pada setiap ayat.


Keywords


Penerapan, Metode One Day One Ayat, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Baduwailan, Ahmad. Menjadi Hafizh Tips & Motivasi Menghafal Al-QUr’an. Solo: PT Aqwam Media Profetika, 2016.

Fitrah, Muh., dan Luthfiyah. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak, 2017.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing, 2020.

Haryoko, Sapto, Bahartiar, dan Fajar Arwadi. Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep, Teknik & Prosedur Analisis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2020.

Machmud, Ammar. Kisah Penghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2015.

Maskur, Abu. “Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 02 (2018).

Murdiyanto, Eko. Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Bandung: Rosda Karya, 2020.

Musdalifah, Ririn. “Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar : Short Term and Long Term Memory.” Al-ishlah: Jurnal pendidikan Islam Vol.17 (2) (2019).

Sitorus, Siti Hazar, dan Al Yasir. “Menghafal Al Quran Bagi Anak Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang: Perspektif Manajemen Dakwah.” Idarotuna 4, no. 1 (2022).

Ulfa, Maria, dan Saifuddin. “Terampil Memilih dan Menggunakan Metode Pembelajaran” Vol 30 (1) (2018.

Wahid, Wiwi Alawiyah. Cara Cepat & Mudah Hafal Al-Qur’an. Yogyakarta: KAKTUS, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.