Integrasi Kebiasaan Sako Seng Pada Masyarakat Sikka untuk Meningkatkan Nilai Tanggung Jawab dan Kerja Sama pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Marianus Yufrinalis, Hermus Hero

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengintegrasikan nilai-nilai luhur kebiasaan Sako Seng pada masyarakat Kabupaten Sikka di Provinsi NTT ke dalam pembelajaran di sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan nilai tanggung jawab dan kerja sama pada peserta didik. Sako Seng merupakan kebiasaan masyarakat Sikka yang mengacu pada semangat gotong-royong dan kerja sama dalam mengelola dan mengolah lahan pertanian atau kebun. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, tes, observasi dan studi dokumentasi. Responden ditentukan peneliti yakni kepala sekolah, guru, dan siswa di SDK 025 Kloangrotat. Analisis data  dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran di kelas guru telah mampu mengintegrasikan berbagai nilai kearifan lokal seperti kebiasaan Sako Seng ke dalam bahan ajar sehingga mudah dipahami peserta didik dan meningkatkan nilai tanggung jawab, kerja sama serta berimbas pada peningkatan hasil belajar mereka. Selain itu, implementasi berbagai nilai kearifan lokal Sikka juga dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), seperti pentas seni, praktik kerajinan lokal, dan beberapa kegiatan lainnya.


Keywords


Sako Seng, Tanggung Jawab, Kerja Sama, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abidah, A. F., & Dewi, N. K. Sikap Kerjasama Melalui Permainan Bentengan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7 (2) (2019).

Alfonso Korasony Sevili Gobang, A., & Yulistia Polawati, E. Mengkaji Tradisi Membangun “Orin Tagan” Masyarakat Kampung Nita Kabupaten Sikka. Pawon: Jurnal Arsitektur, 4 (01) (2020).

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Rineka Cipta (2006).

Bera, L., Yufrinalis, M., & Hero, H. Filosofi Mior Dadin sebagai Internalisasi Pendidikan Karakter Peserta Didik di Kecamatan Doreng Kabupaten Sikka. … Hukum Islam Dan …, 9 (2) (2021).

Helvina, M., Linuwih, S., Sri, &, & Sumarti, S. The Analysis of Students’ Concept Comprehension Ability on the Application of CLIS Learning Models Integrated Ethnoscience Article Info. Journal of Primary Education, 10 (2) (2021).

Irmawati, Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2) (2022).

Jufrida, J., Basuki, F. R., & Destinanda, A. Analisis Dan Integrasi Kearifan Local Lubuk Larangan Tantang Sakti Dalam Pembelajaran Sains. EduFisika, 5 (01) (2020).

Khusniati, M. Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3 (1) (2014).

Kojaing, K. Musik Sako Seng dan Akulturasi: Fenomena Kebudayaan Ditinjau Dari Segi Dampaknya Pada Masyarakat Watublapi Flores NTT. Jurnal Ekspresi Seni, 19 (1) (2017).

Laksana, D. N. L. & F. W. Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2 (1) (2015).

Miles, M. B. & A. M. H. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Universitas Indonesia. 2009.

Moelong, L. J. Metod0logi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. 2014.

Nahak, H. M. Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5 (1) (2019).

Nuraini, L. Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1 (2) (2018).

Nurfuadah, R. N. Yohanes Surya : Tidak Ada Anak Bodoh. Okezone.Com. (2011).

Parmadi, B., Agiustora, O., Wembrayarli, W., & Noperman, F. Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi Dalam Konteks Eksistensi dan Kreativitas Guru. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Kapedas), 1 (1) (2022).

Rahayu, W. E., & Sudarmin. Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4 (2) (2015).

Rahimah Ulfah Harahap. Power Point sebagai Media Penanaman Moral untuk Anak Usia Dini di Era Society 5.0. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2) (2022).

Rahma Ayunda Baskoro; Laily Rosdiana. Keefektifan LKS Guided Discovery Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 6 (2) (2018).

Rahmi, D. A., & Rosdiana, L. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Science. Ejournal-Pensa, 06 (2018).

Ratnasari, D. & S. N. A. Tembang macapat. Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1) (2023).

Sudarmin, R. Febu, M. & Nuswowati, & W. S. Development of Ethnoscience Approach in The Module Theme Substance Additives to Improve the Cognitive Learning Outcome and Student’s entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, 755 (1) (2016).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta). 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. 2018.

Syarif, F. Integrasi Nilai Kearifan Lokal Terhadap Penanamanan Nasionalisme Bagi Siswa Sekolah Dasar. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2 (02) (2019).

Widoyoko, S. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. (2014).

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Melalui Etnomatematika dan Etnosains (Ethnomathscience). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (2) (2021).

Yufrinalis, M., & Dewa, E. Raising the Value of Local Wisdom “Ro’a Dun Kare Taden” in Sikka Regency as a Learning Material for Students in Elementary School. Proceeding International Conference on Education, Humanity, Health, and Agriculture, (2021).

Yufrinalis, M., Hadi, S., Putra, J., Helvina, M., & Bunga, M. H. D. Science Process Skills In The " Nawu Hipe " Custom of The People of Palu ’E Island ,Sikka District. Jurnal Cakrawala Pendas, 9 (1) (2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.