Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Model Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Kelas V Sekolah Dasar

Serly Safrianis, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi, Yenni Fitra Surya, Rusdial Marta, Muhammad Syahrul Rizal

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa, dimana siswa kesulitan dalam menemukan ide pokok serta tidak dapat menjelaskan kembali isi teks yang telah dibaca. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 007 Bangkinang yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa dari persentase 45% (kategori sangat kurang) pada pra tindakan menjadi 54,54% (kategori sangat kurang) pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 86,36% (kategori baik) pada siklus II. Dengan demikian, model think pair share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.


Keywords


Membaca Pemahaman, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Ambarita, Rahel Sonia, Neneng Sri Wulan, and D Wahyudin. “Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021).

Anshar. “Korelasi Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Dengan Keterampilan Berpidato Bahasa Arab.” Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 1 (2022).

Handayani, Riska Dewi, and Yuli Yanti. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siwa Di Kelas VI MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 4, no. 2 (2017).

Harsanti, Arni Gemilang. “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra.” In Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 2:623–36, 2017.

Hidayati, Rahma. “Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age.” SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (2020).

Ilham, Rezki, Mufarizuddin, and Joni. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023).

Latief, Maullan. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SD Negeri Purwotomo No. 97 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.” In Repository, 2018.

Musfiroh, Tadkiroatun, and Beniati Listyorini. “Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya 15, no. 1 (2016).

Patiung, Dahlia. “Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 5, no. 2 (2016).

Sadipun, Berty. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (2020).

Zuhdi, Reza Fachrudin. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Anak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share.” In Repository, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.