Program Pendampingan Adaptasi Teknologi Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran di SDN 3 Pikat

Ni Kadek Dhea Sutarini, Putu Eka Purnamaningsih

Abstract


Pendidikan memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Namun dalam realitasnya pendidikan di Indonesia belum merata terutama pada daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Pemerintah utamanya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mencetuskan sebuah program “Merdeka Belajar” untuk mengakomodasi pemerataan pendidikan di Indonesia dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sebagai agen perubahan. Program Merdeka Belajar memiliki banyak jenis kegiatan salah satunya adalah Kampus Mengajar yang melibatkan kontribusi mahasiswa untuk membantu sekolah yang berada di daerah 3T. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dengan menggunakan sentuhan teknologi di SDN 3 Pikat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SD tersebut masih awam dengan cara menggunakan teknologi yang tersedia di sekolah yaitu chromebook. Sehingga kami mahasiswa kampus mengajar melaksanakan program pendampingan adaptasi teknologi terhadap siswa sebagai bekal siswa kedepannya. Upaya yang dilakukan terkait adaptasi teknologi di SDN 3 Pikat adalah dengan mengenalkan para siswa mengenai teknologi yang difasilitasi sekolah yaitu chromebook, mengajarkan para siswa menggunakan chromebook, serta memanfaatkan chromebook sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran agar lebih menarik dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar.


Keywords


Kampus Mengajar, Adaptasi Teknologi, Peningkatan Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anashrulloh, A. S., & Tranggono, D. Pembentukan Literasi, Numerasi Dan Adaptasi Teknologi Pada Program Kampus Mengajar Penempatan Smp Negeri 3 Sidoarjo: (Upaya Menghadapi Era Digital Setelah Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan SMP). Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2 (4) (2022).

Ginting, R. R., Ginting, E. V., Hasibuan, R. J., & Perangin-angin, L. M. Analisis Faktor Tidak Meratanya Pendidikan Di SDN 0704 Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3 (04) (2022).

Juniardi, Wilman. 2022. Memahami 4 Konsep Merdeka Belajar dan Strategi Implementasinya. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/konsep-merdeka-belajar/. Diakses pada 29 Juni 2023.

Kampus Merdeka. Apa itu Kampus Merdeka?. Kemdikbud.go.id. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/enus/articles/4418812047897-Apa-itu-Kampus-Mengajar-. Diakses pada 29 Juni 2023.

Kurniawati, L. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Pemberian Reward pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas V SDN 03 Kemiri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). 2022.

Kusumaryono, R Suyato. 2020. Merdeka Belajar. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar. Diakses pada 29 Juni 2023.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12 (1) (2021).

Satyahadewi, N., Amir, A., Ashari, A. M., Apindiati, R. K., & Hartanti, L. Penguatan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (4) (2022).

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Malang: Wineka Media. 2015.

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., & Amin, I. M. Pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1 (3) (2020).

Purnamaningsih, P. E., Wismayanti, K. W. D., & Sudiartini, N. W. A. Pengabdian Partisipatif Masyarakat Dalam Pengembangan Ide Umkm Kreatif Dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid 19 Di Desa Pikat Kabupaten Klungkung. Jurnal Sewaka Bhakti, 6 (1) (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.