Pengaruh Quantum Teaching Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Berbantukan Media Monopoli pada Materi IPAS Kelas 4 SDN 01 Winongo Madiun

Meida Turtyaning Tyas, Octarina Hidayatus Sholikhah, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dan alur penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas IV di SDN 01 Winongo. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil Kemampuan Kognitif siswa, (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan kognitif siswa, dan (3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil Kemampuan Kognitif dan kemampuan kognitif siswa kelas IV di SD Negeri 01 Winongo Madiun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Pre-Experimental Design. Sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling atau sampling jenuh, melibatkan seluruh anggota populasi, yaitu 21 siswa. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal, sehingga uji hipotesis pertama dan kedua diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil Kemampuan Kognitif siswa dan juga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa secara individu. Selain itu, model pembelajaran quantum teaching juga berpengaruh terhadap hasil Kemampuan Kognitif dan kemampuan kognitif siswa secara bersamaan. Kata kunci: Model pembelajaran quantum teaching, kemampuan kognitif, media monopoli.


Keywords


Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kemampuan Kognitif, Media Monopoli

Full Text:

PDF

References


Ariana, I. G. Y., Agustiana, I. G. A. T., & Dibia, I. K. The Effect of Quantum Teaching Learning Model With Tri Kaya Parisudha Toward Nartural Science Learning Outcome. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 4 (4) (2020).

Arif Susanto Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel Pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2014.

Anang, G. S., Bekti, R. K., & Djoko Laksana, M. S. Pemanfaatan Media Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3 (2) (2016).

Azizah Dwi Ardhani dkk, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Mataram: Universitas Mataram. 2021

Buchari, A. Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12 (2) (2018).

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2 (3) (2019).

Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5 (1) (2021).

Irsan, Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 .0. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (2) (2022).

Kusnandar, D. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya, 1 (1) (2019).

Mediawadi, N. K. D., & Trimawan, I. K. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Quantum Teaching. Journal for Lesson and Learninng Studies, 4 (1) (2021).

Ndiung, S., & Jediut, M. Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi Pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10 (1) (2020).

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU 6 (4) (2022).

Rahmatika, H., Lestari, S. R., & Sari, M. S. A PBL-Based Circulatory System E-Module Based on Research Results to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9 (4) (2020).

Rahmi, I., Dr. Nurmalina, M. P., & Moh. Fauziddin, M. P. Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan kognitif Siswa Sekolah Dasar. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education, 2 (1) (2020).

Shofrul Lailiyah dkk. Monopoli IPA Sebagau Media Pembelajaran di SMP/MTs Kelas VII Pada Materi Tata Surya. Jurnal Ed-Humanitics. Volume 06. (2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV. 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.

Supramono, A. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4, (2016).

Yolanda, N., & Reinita, R. Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Quantum Teaching. Journal of Elementary School (JOES), 2 (2) (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.