Penerapan Model TGT dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IV SD

Mega Pandu Pratiwi, Siti Masfuah, Diana Ermawati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 tahun ajaran 2023/2024 dengan penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi terhadap peserta didik kelas IV yaitu rendahnya minat belajar peserta didik karena penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif pada saat proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournamnet). Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan penerapan model TGT (Teams Games Tournament). Rata-rata minat belajar peserta didik pada pra siklus adalah 23,9%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 81,5% dan kembali meningkat pada siklus II yaitu 85,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan minat belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri Wonorejo 1.


Keywords


Minat, Model TGT, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Astuti, Salima Puji, Bakti Mulyani, dan Budi Utami. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Kimia 6, no. 2 (2017).

Charli, Leo, Tri Ariani, dan Lusi Asmara. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.” Science and Physics Education Journal (SPEJ 2, no. 2 (30 Juni 2019).

Fitri, Nurija. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V MIS Hidayatul Insan Palangkaraya.” Undergraduate, IAIN Palangka Raya, 2019.

Irwan. “Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar.” IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (22 September 2018).

Kemdikbud. “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.,” 2022.

Mayani, Diana Sri, dan Junaidi. “Penerapan Model TGT dengan Variasi LKPD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 2x11 Enam Lingkung Padang Pariaman.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (2019).

Nurhayati, dan J. S. Nasution. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMPIT Fajar Ilahi Batam.” Jurnal AS-SAID 2, no. 1 (2022).

Nurhayati, Nurhayati, Asep Sukenda Egok, dan Aswarliansyah Aswarliansyah. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (3 September 2022).

Sukasih, Ni Nyoman. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2, no. 3 (28 November 2018).

Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2015.

Thalita, Almira Rachma, Andin Dyas Fitriyani, dan Pupun Nuryani. “Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, no. 2 (29 Oktober 2019).

Wati, Ni Nyoman Kurnia. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran TGT Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” WIDYANATYA 2, no. 02 (12 November 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.