Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V

Zahrina Amalia, Dwi Yulianti, Fatkhur Rohman, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis Problem Project Based Learning (PjBL) yang diharapkan mampu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian menurut ADDIE dengan lima tahapan yaitu: Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, populasi penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 5 Sumberrejo, sampel dalam penelitian ini adalah V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian meliputi kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi produk tergolong sangat valid, pada segi materi menunjukkan rata-rata sebesar 0,720. Segi bahasa menunjukkan rata-rata sebesar 0,891. Segi media menunjukkan rata-rata sebesar 0,823. Segi pedagogik menunjukkan rata-rata sebesar 0,799. Instrumen tes juga divalidasikan oleh validator sebagai produk penelitian menunjukkan rata-rata sebesar 0,792. Kepraktisan produk dapat dilihat dari rata-rata persentase respon pendidik sebesar 97% dengan interpretasi sangat praktis, sedangkan respon peserta didik sebesar 90% dengan interpretasi sangat praktis. Efektivitas produk dapat dilihat berdasarkan hasil perbandingan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kedua sampel yaitu kelas eksperimen menggunakan produk dan kelas kontrol tidak menggunakan produk. Berdasarkan hasil rekapitulasi membuktikan bahwa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai effect size yang didapatkan pada penelitian ini sebesar 1,50 berkategori besar, hal ini berdasarkan rentang interpretasi d > 0,8 menurut Cohen’s d. Hal tersebut membuktikan bahwasanya berdasarkan hasil perbandingan kelas eksperimen yang menggunakan E-modul berbasis PjBL dan kelas kontrol yang tidak menggunakan produk memiliki rentang nilai yang besar berdasarkan uji effect size.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, PjBL, E-Modul

Full Text:

PDF

References


Brookhart, Susan M. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Amerika: Alexandria, Virginia USA, 2010.

Carnawi, Carnawi, Sudarmin Sudarmin, dan Nanik Wijayati. “Application of Project Based Learning (PBL) Model for Materials of Salt Hydrolysis to Encourage Students’ Entrepreneurship Behaviour.” International Journal of Active Learning 2, no. 1 (2017).

Fauziyah, Linda, Tuti Kurniati, dan Milla Listiawati. “Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Media Pembelajaran Youtube Pada Materi Sistem Pernapasan.” Seminar Nasional VI Prodi Pendidikan Biologi, 2020.

Kane, Shashank N., Ashutosh Mishra, dan Anup K. Dutta. “Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style.” Journal of Physics: Conference Series 755, no. 1 (2016).

Khastini, Rida Oktorida. “Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Scaffolding dalam Pembelajaran Biologi Umum pada Masa Pandemi Covid-19.” Journal of Chemical Information and Modeling 3, no. 1 (2020).

Lashari, Defvia Ayu, Yasinta Lisa, dan Hendrikus Julung. “Pengaruh Model Reading Qusetioning Answering Terharap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia.” JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) 2, no. 2 (2017).

Maribe, Branch Robert. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.

Priatna, I Komang, dan Dewa Gede Hendra Divayana I Made Putrama. “Pengaruh E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Desain Komunikasi Visual Di Smk Negeri 1 Sukasada.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 7, no. 3 (2019).

Ramadhani, Sulistyani, Zulela MS, dan Fahrurrozi Fahrurrozi. “Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (19 Juni 2021).

Setiyadi, Bambang. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Winaya, I Kadek Adi, I Gede Mahendra Darmawiguna, dan I Gede Partha Sindu. “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 13, no. 2 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.