Adab Terhadap Guru dalam Persepsi Siswa Kelas 5 MI Ma´had Al-Zaytun Tahun 2023

Fara Nur Azizah, Henri Peranginangin, Kartini Kartini

Abstract


Islam sebagai agama yang membawa ajaran Rahmatan Lil A´lamiin telah mengatur manusia dalam berinteraksi terhadap hablun min Allah dan hablun min an-nas. Dalam interaksi tersebut, adab merupakan salah satu peran penting dalam mengatur hubungan hablun min an-nas. Pada perkembangan zaman yang semakin pesat dapat memicu terjadinya degradasi moral pada generasi muda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas 5 MI Ma´had al-zaytun tentang Adab terhadap guru. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan studi kasus, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa persepsi siswa kelas 5 MI Ma´had Al-Zaytun didominasi oleh pernyataan adab sebagai suatu sikap yang harus dilakukan kepada guru. Persepsi tersebut tidak terlepas dari bimbingan yang diperoleh dari orang tua dan guru dalam lingkungan sosio-kulturalnya. Bimbingan adab yang dilakukan oleh orang tua berupa nasihat dengan menggunakan sarana smartphone baik telepon maupun video call pada saat di asrama. Kemudian bimbingan adab oleh guru kepada siswa dilakukan pada proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.


Keywords


Persepsi, Adab Siswa, Orang Tua, Guru

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. Makasar: CV. Syakir Media Press, 2021.

Abidin, J. “Etika Murid Terhadap Guru Perspektif KItab Bidayatul Hidayah Karya Al-Ghazali.” Jurnal Paradigma 14, no. 1 (2022).

Akrim, A., and Emilda Sulasmi. “Student Perception of Cyberbullying in Social Media.” International Research Association for Talent Development and Excellence 12, no. 1 (2020).

Akuba, Mohamad. “Konsep Penanaman Sikap Sosial Pada Siswa Melalui Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.” MJP Journal of Education and Teaching Learning 1, no. 1 (2023).

Al-Qur’an, Lajnah Pentashihan mushaf. AL-Quran Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. Jakarta: Lajnah Pentashihan mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.

Baqi, Muhammad Fu`ad Abdul. Shahih Bukhari Muslim. Jakarta: PT Elex Media Kompurindo, 2017.

Barokah, Ahmad. “Persepsi Santri Mengenai Etika Murid Terhadap Guru Dalam Kitab Ta´Lim Mutaálim Dan Aktualisasinya Di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

Erzad, Azizah Maulina. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5, no. 2 (2017).

Fitriasnyah, Ota, Sulaiman, and M. Yamin. “Peran Guru Dalam Menerapkan Tata Tertib Peserta Didik Di Kelas IV SD Negeri 62 Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research Bulan Agustus Tahun 2022 7, no. 4 (2022).

Hanafi. “Urgensi Pendidikan Adab Dalam Islam.” SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman 4, no. 1 (2017).

Irhamna. “Analisis Tentang Kendala-Kendala Yang Dihadapi Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Bengkulu.” Al-Bahtsu 1, no. 1 (2016).

Jayana, Thoriq Aziz. Adab Dan Doa Sehari-Hari Untuk Muslim Sejati. Jakarta: PT Elex Media Kompurindo, 2018.

Johan Setiawan, and Albi Anggito. Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Khoiriyah, Niswatin. Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab. Indramayu: CV Adanu Abimata, 2021.

Kuswandi, Aang Andi, and Imas Masitoh. “Etika Peserta Didik Terhadap Guru (Studi Analisis Terhadap Kitab Akhlak Lil Banin Karya Syeikh Umar Bin Ahmad Baradja).” Journal of Islamic Early Childhood Education 01, no. 02 (2021).

Ma’ruf, M. “Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Perspektif Syed Naquib Al-Attas.” Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021).

Mabuka, Oktovina. “Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa Di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7, no. 2 (2021).

Mahmudi, Afif, and Abu Hasan Zuhri. “Bimbingan Adab Santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Melalui Kajian Kitab Adab Al‘ Alim Wal Muta ’ Allim.” Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam I, no. 1 (2021).

Muawwanah, Siti, and Astuti Darmiyanti. “Internalisasi Pendidikan Karakter Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022).

Munandar, Arif. “Metode Guru Dalam Membina Akhlak Siswa Di Madrasah Aliyah.” Journal Of Educational Research (JER) 1, no. 1 (2022).

Mustopa. “Adab Dan Kompetensi Da’i Dalam Berdakwah.” Orasi: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 8, no. 1 (2017).

Najmudin, Muhammad Faisal, Nurul Ashyfa Khotima, and Ratna Febriany Lubis. “Peran Orang Tua Terhadap Psikologis Anak Rantau Melalui Komunikasi Jarak Jauh.” Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan 10, no. 1 (2023).

Nurfirdaus, Nunu, and Atang Sutisna. “Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa.” Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 2 (2021).

Nurzannah, Siti. “Peran Guru Dalam Pembelajaran.” ALACRITY : Journal Of Education 2, no. 3 (2022).

Penyusun. Buku 1 Kurikulum MIS Ma´had Al-Zaytun Tahun Ajaran 2022/2023. Indramayu: MIS Ma´had Al-Zaytun, 2022.

Pratama, Riski Bayu, and Anung Al Hamat. “Konsep Adab Siswa Menurut Ibn Jama’ah (Telaah Kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-‘Alim Wa Almuta’Allim).” Rayah Al-Islam 5, no. 01 (2021).

Putri, Mailian, Jasmienti, Iswantir, and Fauzan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akhlak Anak Putus Sekolah Di Jorong Balai Cubadak Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota.” Indonesian Research Journal on Education: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2023).

Rahayu, Lisye Sri. “KPAI Datangi AL-Azhar Kelapa Gading Soal Viral Siswa Berkata Kasar Ke Guru.” detiknews, 2019.

Rahman, Mhd Habibu. “Metode Mendidik Akhlak Anak Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak 1, no. 2 (2019).

Saida, Henny. “Etika Dan Tata Tertib Disiplin Mahasiswa.” Jurnal Law Pro Justitia IV, no. 2 (2019).

Saihu. “Etika Menuntut Ilmu Menurut Kitab Ta’lim Muta’alim.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 3, no. 1 (2020).

Salirawati, Das. “Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains 4, no. 1 (2021).

Sapara, Mensi M., Juliana Lumintang, and Cornelius J. Paat. “Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud.” Jurnal Holistik 13, no. 3 (2020).

Setiani, Choirul Damai. “Persepsi Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 1 Karangsari Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

Silviana, Siti Fuadah, and Chodidjah Makarim. “Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Pembentukan Akhlak Siswa Di Sma Negeri 10 Kota Bogor.” Fikrah: Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2019).

Sonin. “Metode Pendidikan Rasulullah Saw Dan Relevansinya Dengan Metode Pendidikan Islam Masa Kini.” Journal Pendidikan Dan Kajian Islam 1, no. 1 (2021).

Suci, Yayu Tresna. “Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2018).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Susilo, Fera, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2021).

Tolchah, Moch. “Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazāli Dan Al-Attas.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019).

Wurarah, Masje. Implikasi Prior Knowladge, Persepsi Siswa Pada Kemampuan Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Tehadap Hasil Belajar Biologi. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media, 2022.

Yanti, Fitri. Psikologi Komunikasi. Lampung: CV. Agree Media Publishing, 2021.

Yasir, Muhammad. “Peran Pentingnya Pendidikan Dalam Perubahan Sosial Di Masyarakat.” Seri Perubahan Sosial, 2022.

Yoedo Shambodo. “Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Pendatang UGM Terhadap Siaran Pawartos Jogja TV.” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 1, no. 2 (2020).

Zamroni, Amin. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2017).

Zuhriah, and Musleh Wahid. “Pengaruh Mata Pelajaran Adab Sopan Santun Terhadap Perilaku Mahasiswi Intensif IDIA Prenduan Sumenep Madura Tahun 2020/2021.” Jurnal Tarbawi 07, no. 01 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.