Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Madrasah Ibtidaiyah

Sholikin Sholikin, Arif Prasetyo

Abstract


Karakter adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Penguatan karakter dalam setiap kurikulum mengalami pembaharuan. Jika dalam kurikulum 2013 dikenal dengan istilah Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang meliputi delapan belas karakter yang sebaiknya dimiliki oleh peserta didik. Penguatan karakter dalam Kurikulum Merdeka melalui Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan karakter peserta didik pada satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui Profil Pelajar Pancasila. Penguatan karakter melalui P5 sangat urgen sekali dalam membentuk akhlak atau budi pekerti peserta didik pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah, selain itu pula, kurikulum merdeka yang memuat P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) merupakan istilah yang baru, sehingga perlu dikaji secara mendalam dimensi sikap dan implementasinya dalam satuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah library reseach dengan menelaah jurnal, artikel ilmiah, dan pustaka lainnya sebagai sumber informasi. Hasil dari penelitian ini penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan melalui kegiatan intra kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Selain itu pula dapat dikembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan penegakan aturan pada satuan pendidikan.


Keywords


Karakter, Profil Pelajar Pancsila, Madrasah Ibtidaiyah.

Full Text:

PDF

References


Ardianti, Yekti, dan Nur Amalia, “Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6 no.3 (2022).

Asrohah, Hanun, Mamiu’atul Hasanah, Irma Yuliantina, M. Amin Hasan, dan Amiroh Ambarwati, “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin,” Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.

Basri, Basri, Yulia Kurniaty, dan Johnny Krisnan, “Nilai-Nilai Transedental Dalam Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia (Perspekspektif dari Seorang Muslim),” PAMALI: Pattimura Magister Law Review, 1 no.2 (2021).

Creswell, John W, 30 Keterampilan Esensial untuk Peneliti Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018)

Dilfa, Alriza Hariri, Suliaman, De Anita Grave, dan Rossidin, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka, 1 ed. Malang: PT. Literasi Nusantara Group, 2023.

Ernawati, Yurike, dan Fitri Puji Rahmawati, “Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, 6 no.4 (2022).

Faizah, Nahdiah Nur, Ningsi, Laila Nazilatul Husna, dan Rofiq Hidayat, “Analisis implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil`alamin pada kma no. 347 tahun 2022,” Jurnal Pendidikan Guru MI, 4.347 (2023).

Gifari, Aufan, Rispawati, dan Yuliatin, “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Di Lingkungan Sekolah Islam,” Pendidikan Sosial Keberagaman, 6 no.2 (2019).

Hamalik, Oemar, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Ketujuh. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2017.

Hidayat, Sholeh, Pengembangan Kurikulum Baru, Keempat. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2017.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, dan Bambang Syamsul Arifin, “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 no.1 (2022).

Kemdikbud, “Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020,” Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020, 3 (2020).

Kemendikbudristek, “Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka,” 2022.

KemendikbudristekNo.09, Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka, Kemendikbudristek BSKAP RI, 2022.

Khoirurrijal, Fadriati, dan Sofia, Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Lisnawati, Liya, dan Jennyta Caturiasari, “Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar,” 1 no.3 (2023).

Nisa, Ana Fitrotun, “Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Ekstrakurikuler Tari Cepetan dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar,” 2023.

Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, dan Nugraheni Rachmawati, “Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” Jurnal Basicedu, 6 no.3 (2022).

Rosmana, P S, S Iskandar, A N Fauziah, dan ..., “Proyek Profil Pelajar Pancasila Dalam Penguatan Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” Innovative: Journal Of …, 3 (2023).

Satria, Rizky, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, dan Tracey Yani Harjatanaya, “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.