Penerapan Pendidikan Seks Berdasarkan Kaidah Fikih (Studi Kasus SDIT Nurul Fikri Banjarmasin)

Muhammad Semman, Syarifah Nur Aini

Abstract


Urgensi pendidikan seksual pada anak telah digaungkan dan diterapkan sejak dulu oleh para Ulama, sejak awal mula mereka mendalami agama Islam, pembahasan pertama yang mereka pelajari ialah terkait “thaharah” Seseorang dikenalkan dengan mandi junub, istinja, istibra dan lain-lain. Pembahasan mengenai hal itu sudah pasti melibatkan kajian tentang mimpi basah, hubungan suami-istri, haid dan nifas. Itu artinya, sejak dini seorang anak muslim harus telah mengenal istilah-istilah itu secara tepat. Karena pengaruh lingkungan seseorang sejak usia anak-anak akan membawa dampak yang besar dalam membentuk kepribadian dan karakter seseorang. Hal inilah yang melatarbelakangi pendidikan seks di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Adapun fokus penelitian ialah bagaimana penerapan pendidikan seks berdasarkan kaiadah Fikih untuk anak usia sekolah dasar di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneliti lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus Adapun subjek penelitian ialah para guru dan kepala sekolah  SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Objek penelitiannya ialah penerapan pendidikan seks berdasarkan kaidah fikih studi kasus di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dari Miles dan Huberman dengan membangun sajian, memasukkan data, dan menganalisis data. Hasilnya di SDIT Nurul Fikri Banjarmasin terdapat beberapa penerapan pendidikan seks yakni, adanya sosialisasi kepada anak terkait batas aurat, poster-poster pengenalan pendidikan seks, pemisahan penggunaan WC, lorong, tangga hingga kelas bagi siswa laki-laki dan siswa perempuan. Seragam yang digunakan peserta didik dan guru, merupakan pakaian sesuai syariat dan longgar. Hal tersebut merupakan aplikasi dari dua kaidah Fikih yakni, kaidah saddan li al zari’ah (antisipasi dini) dan ad dhararu yuzaalu (Menghindari hal-hal yang berdampak negatif).


Keywords


Pendidikan Seks, Kaidah Fikih, Anak SD

Full Text:

PDF

References


Ajriah Muazimah, Ida Windi Wahyuni, dan Suyadi. “Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini Di Paud IT Bunayya Pekanbaru.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5, no. 2 (2022).

Al Gawshi. Usus al Shihhah al Nafsiyah. Cairo: Dar al Syuruq, 2000.

Al Qaradhawy, Yusuf. Fiqh Usrah al Wajizah. Qatar: Dar Al Ahabah, 2008.

Al-Imam Al-Bukhari. Sahih Al-Bukhari. 1. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2009.

Al-Imam, Muslim. Sahih Muslim. 1. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2013.

Cahyadi, Ani. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia, 2019.

Freud, Sigmund, dan Ira Puspitorini. A General Introduction to Psychoanalysis, Psikoanalisis Sigmund Freud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Hafiz, Nabilah. al-Islam haula al jins. Cairo: Dar al Hakam, 2002.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta, 2015.

Jatmikowati, T. E., Angin, R., dan rnawati, E. “Model Dan Materi Pendidikan Seks Anak Usia Dini Perspektif Gender Untuk Menghindarkan Sexual Abuse.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 34, no. 3 (2015). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7407.

Magnib, Chalil. Al- jins fi al thib. Cairo: Dar Al-Hubb, 2001.

Mahyani, Aang. “Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Persefektif Islam” 7, no. 1 (2017).

Muhsin Athawi. Al-jins fi al tashawwur al Islami. Beirut: Dar Al-Risalah, 1999.

Rafi’i. al-Fiqh al Islami. Cairo: Al-Halabi, 1990.

Ramli, Muhammad. “Rancangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5, no. 2 (Desember 2015).

Rosdiana Dewi, dan Nurhasanah Bakhtiar. “Urgensi Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran bagi Siswa MI/SD untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual.” Instructional Development Journal (IDJ) 3, no. 2 (2020).

Samir, Farhan. Tarbiyah al Jinsi al Usrah al Muslimah. Cairo: Dar al-Fadhilah, 2009.

’Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyah al awlad fi al Islam. Vol. juz 2. Cairo: Dar al salam, 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.