Pemikiran Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Perspektif Muhammad ‘Abid Al-Jabiri

Lilla Septiliana, Syariful Anam

Abstract


Muhammad Abid Al-Jabiri dikenal sebagai pemikir wacana keislaman kontemporer yang banyak menghasilkan banyak karya berkaitan dengan studi pemikiran Islam, filsafat, politik, budaya, pendidikan dan lain-lain. Secara umum, pemikirannya penuh dengan kritik kontstruktif terhadap pemikiran Islam Tradisionalis-Konservatif. Berbicara tentang diskursus pendidikan, ia pernah membahas tentang sistem pendidikan di Maroko yang dianggap masih mempertahankan sistem tradisionalis dan sudah tidak relevan dengan konteks kekinian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Muhammad Abid Al-Jabiri dan Perspektif Muhammad Al Jabiri di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yaitu pengutipan dari buku, jurnal, berita dan hasil penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa pemikiran Muhammad Abid Al-Jabiri tentang definisi, tujuan, dan pelaksanaan pengembangan pendidikan Islam di Sekolah Dasar. Beberapa contoh pengembangan ilmu Islam di sekolah dasar menurut perspektif Al Jabiri: Pendidikan Akhlak dan Moralitas, Pendidikan Agama dan Bahasa Arab, Pengajaran Keterampilan dan Berfikir Kritis dan yang terakhir Pengajaran Sejarah Islam.


Keywords


Pemikiran Pendidikan Islam, Sekolah Dasar, Muhammad Abid Al-Jabiri

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Luthfi Barakat. 1982. Fi al-Fikr al-Tarbawi al-Islamiy, Cet. I, Riyadh: Dar al-Marikh, 1982.

Al Qurtuby, Sumanto. dkk. Pendidikan & Revolusi Industri 4.0; Arab Saudi dan Indonesia, Cet. I. Semarang: Elsa Press. 2021.

al-Idris Husain, Muhammad Abid al-Jabiri: wa Masyru ‟Naqd al-Aql al-Arabiy, Cet. I. Beirut: Markaz al-Hadharah li Tanmiyyah al-Fikr al Islamiyy. 2010.

Al-Jabira, Muhammad Abid. al-Turats wa al Hadatsah, Cet. III, (Beirut: Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyyah, 2006.

Al-Jabiri, Muhammad Abid. “Min Ajli Ru’yah Taqaddumiyyah li Ba’dhi Musykalatina al Fikriyah wa al-Tarbawiyyah”, Cet. I. Cassablanca: Dar al-Nasyr al-Maghribiyyah. 1997.

al-Syaikh, Muhammad. Muhammad Abid al-Jabiri; Masarat Mufakkir, Arabiy, Cet. I, Beirut: Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyyah, 2011).

Arsalan, Syakib. Limadza Taakhara al-Muslimūn wa Limadza Taqaddama Ghoiruhum, Beirut: Dar Maktabah al-Hayah.

Hasan, Baharun, and Saudatul Alawiyah. "Pendidikan Full Day School Dalam Perspektif Epistemologi, Muhammad Abid Al-Jabiri."POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 1. 2018.

Hasan, Fathī Hasan Malakawi. al-Fikr al-Tarbawi al-Islamiy al-Mu’ashir; Mafahimuh wa Mashadiruh wa Khasha-ishuh wa Subul Ishlahih, Cet. I, Herndon: al-Ma‟had al Alamy li al Fikr al-Islamiy. 2020.

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_penerima_Nobel (Diakses pada tanggal 02 Mei 2023)

Kartiningsih, Eka Diah. Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto. 2015.

Ridla, Muhammad Jawwad. terjemahan, Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam (Perspektif Sosiologis-Filosofis), Mahmud Arif, Cet. I. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2002.

Subkhan, Edi. "Ideologi, Kekuasaan, dan Pengaruhnya Pada Arah Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (1950-1965)." Journal of Indonesian History 7, no. 1. 2018.

Thariq, Muhammad, dan Aziz. "Interrealisasi Pemikiran MuhammadAbid Al-Jabiri Dalam Pendidikan Islam. Proceeding of International Conference on Islamic Epistemology. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.