Transformasi Pendidikan Dasar Melalui Integrasi Ilmu Pendidikan dan Prinsip-Prinsip Islam: Membentuk Generasi Unggul dan Berakhlak Mulia

Arif Prasetyo, Shaleh Shaleh, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Transformasi pendidikan dasar melalui integrasi ilmu pendidikan dan prinsip-prinsip Islam dengan tujuan membentuk generasi unggul dan berakhlak mulia. Dalam konteks pendidikan dasar, integrasi ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip Islam memiliki potensi untuk mengembangkan pendekatan holistik yang mencakup aspek akademik, moral, spiritual, dan sosial dalam proses pembelajaran. Melalui pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip Islam dan penerapannya dalam kurikulum dan pengajaran, artikel ini mengemukakan bahwa integrasi ini dapat memperkuat pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam menerapkan transformasi ini seperti keterbatasan sumber daya, kurikulum tertentu, kesulitan mencari guru ahli integrasi ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip Islam serta perbedaan pemahaman agama antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Oleh karena itu, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelatihan guru agar mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pembelajaran dan menangani tantangan-tantangan tersebut agar transformasi pendidikan dasar sesuai dengan konsep integrasi ilmu pendidikan dan prinsip-prinsip islam lebih efektif dan berkelanjutan di masa depan nanti.


Keywords


Transformasi Pendidikan, Integrasi Ilmu Pendidikan Islam, Generasi Unggul, Berakhlak Mulia

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan terjemahannya, Kementrian Agama RI, Jakarta: Pustaka Lajnah. 2022.

Arfin, Zainal, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2022.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), [Online, diakses tanggal 8 mei 2008]

Kosmajadi, E, ‘Transformasi Pendidikan: Suatu Tinjauan Filosofis’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 96, 2020.

Nasution, Harun, Filsafat dan Mistisisme dalam Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1978).

Rinawati, Anita, ‘Transformasi Pendidikan Untuk Menghadapi Globalisasi’, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3.1 (2015), https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12783>

Ryadi, Gunawan, Transformasi Sosial Politik: Antara Demokratisasi dan Stabilitas, dalam M. Masyhur Amin (ed) Agama, Demokrasi dan Transformasi Sosial. (Yogyakarta: KPSM, 1993).

Salim, Agus, 2002, Perubahan Sosial, Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia. Yogyakarta: Tiarav Wacana, 2002.

Tilaar, H.A.R., Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif Untuk Indonesia, Jakarta: PT. Grasindo, 2002.

Wijaya, Estetika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, and Amat Nyoto, ‘Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.