Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus MIN 2 Musi Banyuasin)

Mardan Erwinsyah, Shaleh Shaleh, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kepala MIN 2 Musi Banyuasin menggunakan gaya kepemimpinannya untuk meningkatkan efektivitas kinerja guru. Tercapainya tujuan pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada kinerja guru. Kemampuan kepemimpinan kepala madrasah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar di kelas. Studi kasus dan metode kualitatif lainnya digunakan untuk menyusun penelitian ini. Wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen digunakan untuk mengumpulkan data ini. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah dan beberapa pendidik MIN 2 Musi Banyuasin. Tujuan kami melakukan penelitian ini adalah untuk mendapatkan wawasan tentang bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah mempengaruhi efektivitas guru. Hasil penelitian Gaya kepemimpinan kepala madrasah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru di MIN 2 Musi Banyuasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya kepemimpinan transformasional, transaksional dan demokratis mempunyai dampak positif dalam mendorong kinerja guru di MIN 2 Musi Banyuasin. Dukungan berupa komunikasi efektif, pembinaan dan pengembangan profesional, motivasi dan pemecahan masalah juga berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kinerja guru, Kepala Madrasah

Full Text:

PDF

References


Aisyah, I., & Dewi, S. W. K. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1 no.1 (2015).

Ali, S. N. M., Harun, C. Z., & Djailani, A.R. Gaya Kepemimpinan Kepala Madras Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3 no.2 (2015).

Arista, Helsi, Ari Mariani, Devi Sartika, Deti Murni, and Emmi Kholilah Harahap, ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Input , Proses Dan Output )’, 2 no.1 (2023).

Arwildayanto, Arsyad Arfan, and Zulhijah Sampo. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Sekolah, Dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Berprestasi Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una.” Jurnal Normalita 9, no. 3 (2021).

Awaliyah, L. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan karakter religius siswa di MI Nurul Huda Bangsri Kertosono Nganjuk 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). (2017).

Eliana, N. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung (Doctoral dissertation, UNPAS) (2016).

Faturahman, B. M. Kepemimpinan dalam budaya organisasi. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10 no.1 (2018).

Fauzan, A. Kepemimpinan Visioner Dalam Manajemen Kesiswaan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6 no.1 (2016).

Indriana Rahmawati, Muhammad Nasir, M. Azzam Zein Haq, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Budaya Kerja di MIN 2 Samarinda , 2 no.1 (2022).

Mardiana, M. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Sekretariat Daerah Kota Samarinda. Jurnal Universitas Mulawarman, 2 no.1 (2017).

Mulyasa, E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2013.

Rapang, Rita, Muh Yunus, and Eka Apriyanti. “Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Peraturan-Peraturan Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2596.

Rokhani, C. T. S. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Madrasah di SDN Dengkek 01 Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research 1 no.2 (2020).

Sudharta, V. A. Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Perspektif Psikologi. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1 no.3 (2017).

Sukmawati, C., & Herawan, E. Kepemimpinan Instruksional Kepala Madrasah, Komitmen Guru Dan Mutu Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23 (2) (2016).

Suryana, S. Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14 no.1) (2020).

Susanto, R. Hubungan Pengambilan Keputusan Rasional Dengan Akuntabilitas Kepemimpinan Kepala Madrasah. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1) (2016).

Suseno, M. N. M. Pengaruh Dukungan Sosial Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Mediator Motivasi Kerja. Jurnal Psikologi, 37 no.1 (2010).

Tobiar, Masniar. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 4, no. 1 (2019).

Octavia, L. S., & Savira, S. I. Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 1 no.1 (2017).

Werang, B. R. Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala madrasah, moral kerja guru, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SDN di Kota Merauke. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33 no.1 (2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.