Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif

Abd. Rohim

Abstract


Pendidikan karakter di sekolah sangat penting perannya dalam mengkondisikan siswa di Lembaga Pendidikan agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik dan menyenangkan. Sehingga apabila telah tercipta siklus yang menggembirakan, proses pembelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami. Selain itu, Pendidikan karakter yang tepat dapat membentuk kepribadian siswa yang baik sehingga membantu dalam menjalani kesehariannya dengan lebih baik. Maka dari itu artikel ini membahas bagaimana implementasi Pendidikan karakter di sekolah dasar yang inovatif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data diperoleh dari berbagai dokumen yang relevan dengan kajian ini, analisis data menggunakan Teknik analisis dokumen yang disajikan secara deskriptif. Kajian ini menemukan bahwa masalah utama dalam Pendidikan karakter di Indonesia terletak pada metode pendidikanya, sebab nilai-nilai dan konten Pendidikan karakter tidak banyak bergeser sedari awal ditentukan, namun metode selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Metode Pendidikan karakter yang paling sesuai untuk di implementasikan di sekolah dasar ialah dengan memanfaatkan permainan edukatif seperti bermain peran, cerita bergambar, permainan tradisional serta melalui pemanfaatan gawai yang relevan. Melalui permainan edukatif ini secara hipotetik dapat menjadi alternatif pengajaran Pendidikan karakter, terutama untuk mengajarkan nilai-nilai dalam lima karakter utama yaitu religious, mandiri, nasionalis, integritas dan gotong royong. Sehingga metode peneladanan, pembiasaan dan pengkondisian lingkungan untuk membentuk karakter dapat dilakukan dengan optimal.


Keywords


Pendidikan Karakter, Lima Karakter Utama, Sekolah Dasar, Permainan Edukatif

Full Text:

PDF

References


Cresswell, John W. Research design qualitative, quantitative, and mixed method approaches. California: SAGE Publication. Inc., 2014.

Fadllurrohman, Fadllurrohman, Jaenudin Jaenudin, dan Arizqi Ihsan Pratama. “Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023). doi:10.35931/am.v7i1.1875.

Indonesia, Pemerintah Republik. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Undang-Undang Republik Indonesia, no. 1 (2013). doi:10.1017/CBO9781107415324.004.

Jaenudin, Jaenudin, Fadllurrahman Fadllurrahman, Rizal Firdaus, dan Dede Ruba’i Misbahul Alam. “Analisis Swot Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 3 (16 September 2023). doi:10.35931/am.v7i3.2587.

Joyce, Bruce;, dan Marsha; Weil. Models Of Teaching. 5 ed. New Delhi: Asoke K. Ghost, 2003.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.” https://www.kemdikbud.go.id/, 2017. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Disunting oleh Uyu Wahyudin. 6 ed. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019.

Presiden Republik Indonesia. “Peraturan Presiden Republik Indonesia No 87 tahun 2017.” SETKAB Republik Indonesia, 2017. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. 4 ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.