Nandar, Sukino, Erwin: Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Muatan Lokal Hafalan Al-Quran di Kelas III MI Al-Ma’arif 2 Nanga Pinoh

Nandar Nandar, Sukino Sukino, Erwin Erwin

Abstract


Lulusan suatu lembaga pendidikan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Pemerintah berupaya menjembatani kesenjangan antara pendidikan formal peserta didik dengan lingkungan sosial budayanya, karena pendidikan harus mampu beradaptasi dengan dinamika masyarakat yang selalu berubah. Muatan lokal sebagai salah satu pembelajaran yang diajarkan dalam kurikulum di Indonesia, diharapkan dapat menjawab tantangan tersebut. Sebab pengembangan mata pelajaran muatan lokal mengacu pada pelayanan peserta didik dan potensi daerah yang beragam, sesuai dengan diversifikasi jenis pendidikan dan penyesuaian kondisi setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun rencana pembelajaran kurikulum muatan lokal hafalan surat pendek untuk kelas III MI Al-Ma’arif 2 Tanjungsari Nanga Pinoh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field reserch). teknik pengumpulan data yang di pakai oleh peneliti yaitu observasi semi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ini mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran muatan lokal menghafal surat pendek untuk kelas III MI Al-Ma’arif 2 Nanga Pinoh.


Keywords


Perencanaan Pembelajaran, Muatan Lokal, Hafalan

Full Text:

PDF

References


Alfi, Dewi Zainul, dan M Yunus Abu Bakar. “Studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan Muatan Lokal.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2021).

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Dolong, M Jufri. “Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran.” Inspiratif Pendidikan 5, no. 1 (2016).

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Hidayat, Soleh. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Keputusan menteri Agama Nomor 184 (2019).

Kholis, Nur. Pengantar Studi Al-Qur’an dan al-Hadis. Yogyakarta: Teras, 2008.

Khon, Abdul Majid. Hadis Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikan. 2 ed. Jakarta: Kencana, 2012.

———. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Lamuhtadun, Lamuhtadun. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Keagamaan Islam Dalam Membentuk Budaya Religius Di Sekolah.” Journal TA’LIMUNA 12, no. 1 (2023).

Lestari, Tri, Endang Wuryandini, dan Oktaviani Adhi Suciptaningsih. “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Berorientasi Peraturan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud No. 07/D. D5/KK/2018.” Dalam Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), 193–200, 2019.

Muhaimin. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah dan madrasah. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2008.

Mukhlason, Muhamad. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Seni Hadrah Pasuruan.” AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah 4, no. 1 (2016).

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya). Bandung: Remaja Roddakarya, 2004.

Nasir, Muhammad. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Konteks Pendidikan Islam Di Madrasah.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 10, no. 1 (2013). https://doi.org/10.24239/jsi.v10i1.12.1-18.

Nurhasanah, dan Arief Sukino. “Perkembangan Dan Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v8i2.1517.

Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Pudiyono, P, M Furqon Abdimas Jurnal Pengabdian, dan undefined. “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Guru Pembimbing PPG UM Purwokerto.” journal.umtas.ac.id, t.t.

Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Satariyah, Satariyah, dan Nandar Nandar. “Urgensi Kompetensi Leadership Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Peserta Didik.” Arfannur 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.24260/arfannur.v3i1.632.

Sukino. “Ketahanan Madrasah Didaerah Rentan Konflik.” IAIN Pontianak Press, 2019.

Sukino, Sukino. “Pengembangan Kurikulum Dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6597.

Sukino, Sukino, Wahab Wahab, dan Ahmad Fauzi Murliji. “Development and Contextualization of Multicultural Insight-Based Quran Hadith Materials in Madrasah Aliyah.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 15, no. 2 (30 Agustus 2020). https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V15I2.8045.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. 13 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Syukrianto, Syukrianto. “Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Dalam Membentuk Karakter Lulusan Siswa SMA 2 Darul Ulum Rejoso Jombang.” Jurnal Mitra Manajemen 3, no. 3 (2019). https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i3.209.

Zein, Muh. “Peran guru dalam pengembangan pembelajaran.” Inspiratif Pendidikan 5, no. 2 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.