Analisis Model Critical Thinking pada Konten Fikih di Madrasah Ibtidaiyah

Hikmatu Ruwaida, Nida Mauizdati

Abstract


Mengajarkan dan melatih kemampuan berpikir kritis penting diajarkan sejak sekolah dasar karena akan ada perbedaan penguasaan peserta didik yang dilatih berpikir kritis dan yang tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model critical thinking pada konten fikih di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menganalisis data-data yang bersumber dari jurnal penelitian dan buku-buku tentang critical thinking terutama langkah critical thinking yang ditulis oleh Facione dan konsep penerapannya pada anak usia sekolah dasar, kemudian menghubungkannya dengan konsep critical thinking pada buku teks fikih untuk MI. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, critical thinking pada konten fikih di MI terdiri dari 1) Pada materi zakat fitrah, jual beli, makanan dan minuman yang halal dan haram, binatang yang halal dan haram menampilkan gambar dimana siswa diminta untuk menceritakan maksud dari gambar. Konsep ini bisa disebut interpretasi mengingat indikatornya adalah siswa diharapkan dapat memahami dan mengungkapkan makna dari berbagai situasi, data, pengalaman; 2) Konten fikih pada buku fikih  MI berupaya  melatih daya analisis siswa dengan menyajikan permasalahan yang terjadi berkaitan dengan amaliah dan dampak hukumnya dengan konteks yang sederhana; 3) Berkaitan dengan keterampilan inferensi, konten yang disajikan bisa dalam bentuk dialog atau wawancara tentang topik dan situasi tertentu. Dalam konten fikih MI, terlihat penyajiannya juga diimbangi dengan cerita yang mencerminkan perbuatan tertentu untuk dianalisis hukumnya; 4) Tahap eksplanasi (penjelasan/penalaran), kemampuan ini terlihat ketika seseorang membenarkan atau menyanggah suatu alasan berdasarkan bukti, konsep, dan kriteria logis dari suatu informasi. Pada konten fikih MI, siswa akan menentukan hukum yang berlaku sampai pada penjelasan atas penentuan suatu hukum. Jadi ada penentuan kesamaan illat atau tidak terkait penentuan status perbuatan tertentu. Proses ini ditemukan pada konten fikih di kelas tinggi.


Keywords


Critical Thinking, Fikih, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Iqbal Faza, Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro, Zulkifli Syauqi Thontowi, Ahmad Syafii, and M. Aldi Subakti. “Trends in the Implementation of Higher-Order Thinking Skills in Islamic Religious Education in Madrasahs and Schools: A Systematic Literature Review.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (December 28, 2020). https://doi.org/10.14421/jpi.2020.92.195-216.

Alimni. “Penerapan Pendekatan Deep Dialogue and Critical Thingking (DD&CT) Untuk Meningkatkan Mutu Proses Dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 20 Kota Bengkulu.” An-Nizom 2, no. 2 (2017).

Altinyelken, Hülya Kosar. “Critical Thinking and Non-Formal Islamic Education: Perspectives from Young Muslims in the Netherlands.” Contemporary Islam 15, no. 3 (November 2021). https://doi.org/10.1007/s11562-021-00470-6.

Amrullah, Amrullah, Muhammad Mustofa, and Ulya Fuhaidah. “Collaborative Learning and Mini Research Assignments on The History of Islamic Educational Thought: The Impact of Students’ Critical Thinking Ability.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 1 (May 21, 2022). https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i1.10550.

Anderson, Shayne. “Critical Thinking in Religious Education” 18, no. 3 (2017).

Bali, Muhammad Mushfi El Iq, and Tartila Tartila. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pada Model Self-Regulated Learning.” Hikmah 20, no. 1 (June 25, 2023). https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.189.

Calvert, Sandra L., and Barbara J. Wilson, eds. The Handbook of Children, Media, and Development. Handbooks in Communication and Media. Chichester, U.K. ; Malden, MA: Wiley-Blackwell, 2008.

Daniel, Marie-France, and Mathieu Gagnon. “Developmental Process of Dialogical Critical Thinking in Groups of Pupils Aged 4 to 12 Years.” Creative Education 02, no. 05 (2011). https://doi.org/10.4236/ce.2011.25061.

Facione, Peter A. “Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.” Critical Thinking, n.d.

Fahrurrozi, M. “Urgensi Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist.” JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN 17, no. 1 (June 28, 2021). https://doi.org/10.20414/jpk.v17i1.3369.

Fajari, Laksmi Evasufi Widi. “Critical Thinking Skills And Their Impacts On Elementary School Students.” Malaysian Journal of Learning and Instruction 18 (2021). https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.6.

Fifin Fatimatul Zahro. “Penerapan Pembelajaran Fikih Dengan Metode Problem Based Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MI Bustanul Ulum Desa Kemiri Kecamatan Panti Jember.” AL-ASHR : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 6, no. 1 (2021).

Florea, Nadia Mirela, and Elena Hurjui. “Critical Thinking in Elementary School Children.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 180 (May 2015). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.161.

Gelerstein, Damián, Rodrigo del Río, Miguel Nussbaum, Pablo Chiuminatto, and Ximena López. “Designing and Implementing a Test for Measuring Critical Thinking in Primary School.” Thinking Skills and Creativity 20 (June 1, 2016). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.02.002.

Hamzah. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses, Dan Hasil Penelitian. Literasi Nusantara, 2020.

Kawuryan, Sekar Purbarini, Suminto A. Sayuti, and Aman Aman. “Critical Thinking among Fourth Grade Elementary Students: A Gender Perspective.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 41, no. 1 (2022). https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.44322.

Lombardi, Loredana, Frederick Jan Mednick, Prof Dr., Vrije Universiteit Brussel, Department of Educational Sciences, Belgium, frederick.jan.mednick@vub.be, Free De Backer, and Koen Lombaerts. “Teachers’ Perceptions of Critical Thinking in Primary Education.” International Journal of Instruction 15, no. 4 (October 1, 2022). https://doi.org/10.29333/iji.2022.1541a.

M. Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2008.

Magaiza, Grey, and Shadreck Muchaku. “Curriculum Enablement and Posthumanism: Pathways for Creating and Implementing a Community Development Curriculum.” Journal of Curriculum Studies Research 5, no. 1 (March 14, 2023). https://doi.org/10.46303/jcsr.2023.12.

Maskur. “Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah.” Magistra 10, no. 1 (2019).

Muslimin, Imam, and Munirul Abidin. “Controversial Religious Issues for Improving Students Critical Thinking Skill in Higher Education.” International Journal of Instruction 16, no. 1 (January 1, 2023). https://doi.org/10.29333/iji.2023.1617a.

Newman, Mark, and David Gough. “Systematic Reviews in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application.” In Systematic Reviews in Educational Research, edited by Olaf Zawacki-Richter, Michael Kerres, Svenja Bedenlier, Melissa Bond, and Katja Buntins, 3–22. Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7_1.

Padget, Steve, ed. Creativity and Critical Thinking. Milton Park, Abingdon, Oxon: Routledge, 2013.

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press, 2011.

Uyuni, Badrah, and Mohammad Adnan. “The Challenge of Islamic Education in 21st Century.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i 7, no. 11 (November 24, 2020). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.18291.

Yassinta. “Pembelajaran Fiqih Berbasis Kecakapan Abd 21 Pada Siswa Kelas V.” Tarbiya Islamica 5, no. 1 (June 2017). https://doi.org/2745-4673.

Zhao, Mingren, Baolong Mu, and Chunping Lu. “Teaching to the Test: Approaches to Teaching in Senior Secondary Schools in the Context of Curriculum Reform in China.” Creative Education 07, no. 01 (2016). https://doi.org/10.4236/ce.2016.71004.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.