Asesmen Keberbakatan Nontes Untuk Mengidentifikasi Siswa Berbakat (Giftedness)

Hardiyanti Rahmah

Abstract


Siswa berbakat atau gifted masih jarang diidentifikasi menggunakan metode nontes seperti pengisian angket, observasi dan wawancara, karena kebanyakan identifikasi siswa berbakat biasanya dengan melalui serangkaian tes psikologi, padahal selain tes psikologi yang hanya bisa dilakukan oleh Psikolog asesmen keberbakatan juga bisa dilakukan dengan metode nontes yaitu dengan mengisi angket nominasi dari orang tua, guru, diri sendiri dan teman sebaya, disertai dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi prestasi siswa. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah melakukan asesmen keberbakatan dengan metode nontes untuk mengidentifikasi siswa berbakat di tingkat sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan mengisi angket survei oleh subjek, teman sebaya, orang tua dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subjek penelitian dapat diidentifikasi keberbakatannya melalui metode nontes atau hanya dengan hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan hasil angket survei nominasi orang tua, guru, teman sebaya dan diri sendiri sebagai identifikasi tahap awal.


Keywords


Keberbakatan, Siswa Berbakat, Giftedness

Full Text:

PDF

References


Amka, H, Minarwati, Asri Indah Lestari, and Siti Fatimah. Identifikasi Anak Berbakat/Gifted Di Sekolah Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2021.

Bildiren, Ahmet. “The Interest Issues of Gifted Children.” World Journal of Education 8, no. 1 (2018).

Creswell, J. W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Fitriana, Dewi. “Individu Berbakat (Giftedness): Tinjauan Psikologi Pendidikan.” Jurnal Psikologi Islam Al Qalb 7, no. 1 (2016).

Handayuni, Tyesa Sri. “Gambaran Kebutuhan Psikologis Anak Berbakat.” Schoulid 2, no. 3 (2017).

Humairah, Aliva, and Ichsan. “Pola Asuh Orang tua Pada Anak Cerdas Dan Anak Gifted” 13, no. 1 (2021).

Keleman, Gabriela. “Identification of Highly Gifted Children.” Rumania: Journal Educacao Furmacao, 2013.

Moleong, J. L. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Ngabito, Navila, and Yenti Juniarti. “Asesmen Kreativitas Dan Keberbakatan Anak.” JAMBURA Early Childhood Education Journal 1, no. 2 (2019).

Nurjan, Syarifan. “Analisis Teoritik Keberbakatan Siswa.” Al-Asasiyya: Jurnal Basic of Education 2, no. 2 (2018).

Sunyoto, Danang. Praktik SPSS untuk Kasus. Yogyakarta: Nuha Medika. 2017.

Syafwan, Abdul Latif, Azrin Anjelina, Dede Khairani, and Siti Khairani. “Teori Dan Konsep Anak Berbakat.” Ittihad 5, no. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.