Implementasi Model Two Stay Two Stray pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI

Mila Rahayu, Rohmat Widiyanto, Sedya Sentosa

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 1 PGMI di salah satu Perguruan Tinggi Negeri Islam Jakarta dalam mata kuliah Konsep Dasar IPA dengan jumlah 33 mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan atau menumbuhkan motivasi mahasiswa dalam melaksanakan proses pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar IPA, sehingga motivasi yang tinggi akan memberikan dampak hasil belajar yang meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisa permasalahan. Penelitian dimulai dari mengidentifikasi masalah, pengumpulan data, analisis data, dan evaluasi. Peningkatan motivasi belajar mahasiswa menggunakan model two stay two stray dimana terdiri dari empat orang dalam kelompok, dengan pembagian dua orang menjadi tim ahli dan dua orang menjadi tamu yang berkunjung ke kelompok lain untuk mencari informasi mengenai materi yang dibahas. Hasil dari implementasi model two stay two stray pada mata kuliah Konsep Dasar IPA menunjukkan adanya perubahan pada mahasiswa yakni motivasi dengan keaktifan selama mengikuti perkuliahan yang berlangsung. Setiap mahasiswa memiliki andil dalam kegiatan mata kuliah Konsep Dasar IPA.


Keywords


Model Two Stay Two Stray, Konsep Dasar IPA, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Aji, Tri Purnomo, dan Siti Sri Wulandari. “Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Office Administration : Education and Practice 1, no. 3 (1 Desember 2021). https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350.

Database Peraturan | JDIH BPK. “UU No. 20 Tahun 2003.” Diakses 10 Januari 2024. http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Delima. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Ernawati, Ernawati. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 006 Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 2, no. 3 (30 Mei 2018). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5530.

Fatimah, dan Ratna Dewi Kartika Sari. “Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.” PENA LITERASI : Jurnal PBSI 2, no. 1 (2018).

Hamzah, Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Juniartina, Putu Prima, dan Nia Erlina. “Analisis Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Fisika Dasar Prodi S1 Pendidikan IPA.” Jurnal IPA Terpadu 7, no. 2 (31 Juli 2023). https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48487.

Keller, John. “How to integrate learner motivation planning into lesson planning: The ARCS model approach.” Proceedings from VII Semanario. Santiago, Cuba, 1 Januari 2000.

Oemar, Hamalik. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo, 2002.

Subagio, Sri Erny Muliyani, dan Agus Muliadi. “Pengaruh Lingkungan Kampus Terhadap Motivasi Belajar.” Jurnal Ilmiah IKIP Mataram 8, no. 2 (2021).

Suprijono, Agus. Cooperatif Learning. Pustaka Belajar, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.