Internalisasi Nilai Moderasi Beragama di SD Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Kotawaringin Barat

Sulistyowati Sulistyowati, Nurul Hikmah, Fitriah Fitriah, Makherus Sholeh

Abstract


SD Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Kotawaringin Barat merupakan Sekolah Dasar yang warga sekolahnya terdiri dari berbagai agama dan suku. Maka untuk menjaga kerukunan dan dapat hidup rukun berdampingan perlu untuk menginternalisasikan nilai-nilai moderasi Beragama di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di SD Negeri 1 Sidorejo Kabupaten Kotawaringin Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan melalui kegiatan jum’at beramal, Apel Senin, internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada saat pembelajaran di kelas dan membiasakan budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun).  Nilai moderasi yang diinternalisasikan dalam kegiatan Jum’at beramal adalah nilai tasamuh, I’tidal dan Musawah. Nilai Musawah adalah nilai moderasi yang diinternalisasikan dalam budaya 5S. Nilai moderasi yang diinternalisasikan pada saat apel senin adalah nilai tasamuh, i’tidal, musawah dan syura (musyawarah). Nilai-nilai moderasi beragama yang diinternalisasikan pada saat pembelajaran PAI di kelas adalah nilai tawazun (berkeseimbangan), tasamuh, I’tidal Musawah dan Syura (musyawarah).


Keywords


Internalisasi, Nilai-Nilai, Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Aziz, Aceng Abdul, Anis Masykhur, A. Khoirul Anam, Ali Muhtarom, Idris Masudi, and Masduki Duryat. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam,” 2019.

Budiman, Ahmad. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Di Sekolah Dalam Menumbuhkan Moderasi Beragama (Studi Kasus SMA Negeri 6 Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia).” Master’s Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, and Encep Supriatin Jaya. “Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 6, no. 1 (2021).

Habibah, Siti Maizul, RR Nanik Setyowati, and Fatmawati Fatmawati. “Moderasi Beragama Dalam Upaya Internalisasi Nilai Toleransi Pada Generasi Z,” 2022.

Khotimah, Husnul. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2020).

kusnanto. Keanekaragaman Suku Dan Budaya. Semarang: Alprin, 2009.

Lessy, Zulkipli, Anisa Widiawati, Daffa Alif Umar Himawan, Fikri Alfiyaturrahmah, and Khairiah Salsabila. “Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 3, no. 02 (2022).

Mustafa, Mutakhirani. “Sosialisasi Pentingnya Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Semua Mata Pelajaran Dalam Upaya Membangun Karakter Sosial Siswa SMP Negeri 1 Talun.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 14, no. 1 (2023).

Nashohah, Iin. “Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Penguatan Karakter Dalam Masyarakat Heterogen.” Prosiding Nasional 4 (2021).

Nur, Afrizal. “Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran;(Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafasir).” Jurnal An-Nur 4, no. 2 (2015).

Nurdin, Ali, and Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (2019).

Prayitno, Mustofa Aji, and Kharisul Wathoni. “Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Proses Pendidikan Di Lingkungan Sekolah Dasar.” Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7, no. 2 (2022).

Purwanto, Yedi, Qowaid Qowaid, and Ridwan Fauzi. “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17, no. 2 (2019).

Rahmatika, Vika. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam TPQ Melalui Kegiatan Mengaji Al-Qur’an Di TQ Nurul Khikmah.” Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah 1, no. 2 (2021).

Rofik, Muhammad Nur, and M. Misbah. “Implementasi Program Moderasi Beragama Yang Dicanangkan Oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyumas Di Lingkungan Sekolah.” Lectura: Jurnal Pendidikan 12, no. 2 (2021).

Samsul, A. R. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama.” Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 3, no. 1 (2020).

Soedijarto, H. A., and MA DR. “Menuju Pendidikan Nasional Yang Relevan Dan Bermutu.” Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019).

Syarnubi, Syarnubi, Muhamad Fauzi, Baldi Anggara, Septia Fahiroh, Annisa Naratu Mulya, Desti Ramelia, Yumi Oktarima, and Iflah Ulvya. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama.” In Prosiding Seminar Nasional 2023.

Umar dkk, Mardan. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.” Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 1 (2021).

Umar, Mardan, Feiby Ismail, and Nizma Syawie. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.” Edukasi 19, no. 1 (2021).

Werdiningsih, Wilis, and Restu Yulia Hidayatul Umah. “Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah Melalui Ekskul Rohis.” In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6:146–55, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.