Strategi Membentuk Karakter Gemar Membaca Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Yabis Bontang Kalimantan Timur

Rusmiati Indrayani

Abstract


Karakter gemar membaca merupakan salah satu capaian yang dihasilkan dari pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kasus. Pendekatan kasus dipilih berdasarkan keberhasilan program sekolah melaksanakan pembelajaran metode Ummi. SDIT YABIS adalah sekolah pertama yang menerapkan pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi sejak diluncurkan metode tersebut tahun 2012 dan menjadi pintu masuknya penggunaan metode Ummi di kota Bontang Kalimantan Timur. Adapun teknik analisis data dilakukan mengacu pada model interaktif (Milles and Hubberman) yaitu, koleksi data, analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa metode Ummi disebut sebagai metode terbaik abad 21 berdasarkan penguasaan siswa dalam membaca Al-qur’an dengan lancar dan benar sesuai hukum tajwid. Selain itu, siswa juga memiliki kemampuan menjelaskan hukum tajwid (dasar) yang terdapat dalam bacaan. Secara proses, pembelajaran dapat membentuk kebiasaan dan kebiasaan membentuk karakter gemar membaca Al-quran. Terbentuknya karakter gemar membaca Al-Qur’an dapat mengubah identitas diri siswa, berupa motivasi untuk belajar dan menghafalkan Al-Qur’an 30 juz serta tumbuhnya keinginan menjalani hidup bahagia di dunia dan masuk surga di akherat berkat Al-Qur’an.


Keywords


Strategi, Karakter, Gemar Membaca, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi

Full Text:

PDF

References


Afdal, Afdal. “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qurâ€Tman Siswa Kelas Iii B Ibnu Khaldun Sd Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016.” Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 1 (14 Desember 2016).

Blatstein, Ira. “Strategic planning: Predicting or shaping the future?” Organization Development Journal 30, no. 2 (1 Juni 2012).

Da’as, Rima’a, dan Nohad ’Ali. “In the Face of Sociopolitical and Cultural Challenges: Educational Leaders’ Strategic Thinking Skills.” London Review of Education 19, no. 1 (2021). https://doi.org/10.14324/LRE.19.1.27.

“Dokumen SDIT Yabis,Yabis Bontang, 2021,” t.t.

Hanafi, Yusuf, Nurul Murtadho, Abd Rauf Hassan, Muhammad Saefi, M. Alifudin Ikhsan, dan Tsania Nur Diyana. “Self-Regulation In Qur’an Learning.” Malaysian Journal of Learning and Instruction 18, no. 2 (2021). https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.4.

Lickona, Thomas. Educating For Character (Mendidik untuk Membentyuk Karkater) Penerjemah: Juma Abdu. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Mbugua, Flora, dan Jane F. A. Rarieya. “Collaborative Strategic Planning: Myth or Reality?” Educational Management Administration & Leadership 42, no. 1 (Januari 2014). https://doi.org/10.1177/1741143213499258.

Milles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis. London: SAGE Publications, 1994.

Porter, Michael E. Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press, 1980.

Rajab, dan Saimima. Metode Ummi dan pemnelajaraannya. Ambon: LP2M IAIN Ambon, 2019.

Riki, Rusdinal Rusdinal, dan Nurhizrah Gistituati. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Warga Sekolah.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 5 (28 Juli 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.998.

Rochman, Ibnu. “Analisis SWOT Dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di SMP Islam Yogyakarta).” Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 3, no. 1 (8 September 2019).

Sugyono. Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sumanti, Solihah Titin, Zunidar Zunidar, Hendra Kurniawan, dan Suryo Adi Sahfutra. “Pengaruh Otoritas Keagamaan Di Sekolah Islam Terpadu.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 19, no. 1 (29 April 2021). https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i1.771.

Suyatno. “Sekolah Dadar Islam Terpadu Dalam Konsepsi Kelas Menengah Muslim Indonesia.” Analisa Journal of Social Science and Religion 22, no. 1 (2015).

“Wawancara dengan Amir tahun 2022 di Sekolah Yabis Bontang.

“Wawancara dengan Arsyad tahun 2022 di Sekolah Yabis Bontang.

“Wawancara dengan Aulia tahun 2022 di Sekolah Yabis Bontang.

“Wawancara dengan Fauzi tahun 2022 di Sekolah Yabis Bontang.

“Wawancara dengan Harti tahun 2022 di Sekolah Yabis Bontang.

“Wawancara dengan Hasma tahun 2022 di Sekolah Yabisa Bontang.

“Wawancara dengan Syahnan tahun 2022 di Sekolah Yabis Bontang.

“Wawancara dengan Um tahun 2022 di Sekolah Yabisa Bontang.

Wulandari, Yeni, dan Muhammad Kristiawan. “Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 2 (28 Desember 2017). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.