Penerapan E-Learning Sebagai Sumber dan Media Belajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan suatu bangsa, dan dalam era globalisasi dan revolusi teknologi, transformasi pendidikan menjadi sebuah kebutuhan mendesak. Dalam beberapa dekade terakhir, teknologi informasi dan komunikasi telah menciptakan pergeseran besar dalam dunia pendidikan. Munculnya internet, perangkat pintar, dan platform pembelajaran online telah membuka pintu bagi inovasi dalam menyampaikan materi pelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau Literature Review. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Penerapkan pembelajaran berbasis e-learning membutuhkan usaha serta keberanian. Inovasi yang diharapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus selaras dengan kebijakan yang diterapkan di lapangan. Beberapa inovasi dalam pembelajaran yang dapat dilakukan melalui pembelajaran e-learning sebagai sumber dan media pembelajaran adalah seperti memaksimalkan penggunaan komputer/laptop dalam pembelajaran yang terkoneksi dengan internet, menciptakan bahan ajar yang menarik melalui pemanfaatan aplikasi-aplikasi, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkesplorasi menggunakan perangkat teknologi dalam proses pembelajaran ketika mencari informasi terkait dengan materi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aka, Kukuh Andri. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 2a (8 Desember 2017). https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041.
Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini Prihantini. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (16 Mei 2022): 5877–89. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.
Chusna, N. L. “Pembelajaran E-Learning.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni 2 (2019).
Daga, Agustinus Tanggu. “Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (10 Agustus 2021). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.
Dewi, Suci Zakiah, dan Irfan Hilman. “Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 2, no. 2 (24 Januari 2019). https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100.
El-Ashry, Abdallah, Amira Nasser El-Din, Kariman Khairy, Peter Soliman, Reham Beram, dan Shereen Nosier. “Investigating Critical Success Factors of E-Learning: Different Stakeholders’ Perspectives.” Anatolian Journal of Education 7, no. 2 (Oktober 2022). https://eric.ed.gov/?id=EJ1363159.
Issa, Heba Bani, dan Abdullah Khataibeh. “The Effect of Using Project Based Learning on Improving the Critical Thinking among Upper Basic Students from Teachers’ Perspectives.” Pegem Journal of Education and Instruction 11, no. 2 (23 April 2021). https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.06.
Keski̇N, Sinan, dan Halil Yurdugül. “E-learning experience: Modeling students’ e-learning interactions using log data.” Journal of Educational Technology and Online Learning 5, no. 1 (31 Januari 2022). https://doi.org/10.31681/jetol.938363.
Lao, Hendrik A. E., dan Yandri Yusuf Cornelis Hendrik. “Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Di Kampus Iakn Kupang-NTT.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 4, no. 2 (30 Juli 2020). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v4i2.1026.
Posangi, Said Subhan. “Hakikat Kebebasan Berpikir Dan Etika.” Irfani (e-Journal) 14, no. 1 (1 Juni 2018).
Sagita, Mustakim, dan Khairun Nisa. “Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0.” Jurnal Sosial Humaniora Sigli 2, no. 2 (15 Desember 2019). https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.169.
Setyosari, Punaji. “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.” Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 1 (13 Desember 2017). https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020.
Sibagariang, Dahlia, Hotmaulina Sihotang, dan Erni Murniarti. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (11 September 2021). https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53.
Wati, Ni Nyoman Kurnia. “Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Sekolah Dasar.” PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu 1, no. 2 (16 Desember 2020). https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/jurnalmutu/article/view/913.
Yuanta, Friendha. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 02 (5 Februari 2020). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.