Media Daun dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Selvia Yunita, Suwarno Suwarno, Nurjani Nurjani

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Ketepatan dalam memilih media pembelajaran akan membantu tercapainya tujuan pembelajaran. pemanfaatan daun sebagai media pembelajaran merupakan salah satu pilihan yang tepat karena mudah mendapatkannya dan murah dalam penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media daun dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian dilakukan pada bulan September sampai dengan bulan Desember 2022, lokasi penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Aceh Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif melalui tiga tahapan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa media daun dalam pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa di MIN 11 Aceh Tengah dilakukan melalui persiapan yang matang dengan pembuatan RPP. Dalam pelaksanaannya guru menyiapkan media daun sebagai media pembelajaran, dan materi pelajaran sebagai acuan pembelajaran. Media daun dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 MIN 11 Aceh Tengah.


Keywords


Media Daun, Seni Budaya dan Keterampilan, Kreativitas Siswa

Full Text:

PDF

References


An, Yunjo, ‘History of Instructional Instructional Design , and Theories Media , To Cite This Article : Of A History of Instructional Media , Instructional Design , and Theories’, International Journal of Technology in Education (IJTE), 4.1 (2019).

Buchari, Agustini, ‘Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 12.2 (2018). <https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897>

Cahyadi, Ani, Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur, Laksita Indonesia (Serang Baru, 2019)

Creswell J., Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 2nd edn (Thousand Oaks: Sage Publication, Inc. London, 2003)

Febriani, Nidya, Upik Yelianti, and Gardjito, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Awetan Daun Untuk Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Pada Prodi Pendidikan Biologi.’, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013, 2013.

Gustiansyah, Kasna, Nur Maulidatis Sholihah, and Wardatuz Sobri, ‘Pentingnya Penyusunan RPP Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Mengajar Di Kelas’, Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1.2 (2021). <https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10>

Hamdani, Doni, ‘Pengaruh Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Minat Belajar Siswa Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran (Otkp) Di Smk Negeri 1 Kadipaten’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7.2 (2022). <https://doi.org/10.17509/jpm.v7i2.46296>

Harahap, Yunus Mokoginta. Suwarno, ‘Educational Interaction The Story of the Prophet Adam ’ Alaihi Al- Salām In the Qur ’ an Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam “ Alaihi Al - Salām Dalam Al- Qur ” Ān’, Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1.3 (2022). <https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjmr/article/view/643/645>

Haryanti, Dwi, ‘Pemanfaatan Media Bahan Alam Daun Menyirip Dalam Mengenalkan Calistung Pada Anak Usia Dini’, Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6.1 (2019). <https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i1.862>

Jakiayah Derajat, M.Pd, Wawancara, 2022 <https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3>

Junaidi, Junaidi, ‘Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar’, Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3.1 (2019). <https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349>

Kemenag, Keputusan Menteri Agama Tentang Muatan Kurikulum Madrasah, 2019

Lado, Hyronimus, ‘Penggunaan Media Daun Jambu Mete Untuk Memahamkan Konsep Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas VII SMPN Satu Atap Ilewutung Melalui Strategi React’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ke-3 11-12 November 2015, 2015.

Lindawati, Lindawati, ‘Pengaruh Penggunaan RRP Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil Di MIN 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023’, JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8.1 (2023). <https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.24745>

Mahgpirah, ‘Wawancara’, 2022.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, Johnny Saldaña, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, Nursing Standard (Royal College of Nursing (Great Britain), 2016 <https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40>

MIN 11 Aceh Tengah, ‘Profil Madrasah’, 2019.

Misra Susanti, Siti, Asma Kurniati, and Rachman Saleh, ‘Penggunaan Bahan Alam Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Di Tk Ayla Kabupaten Muna’, SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.1 (2022).

Mufarohah, Y, ‘Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Media Daun Di Kelas A RA Miftahul Falaah Desa Pasanggrahan Kecamatan Maja …’, SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi …, 2 (2022).

Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa, ‘Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii’, PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3.2 (2021).

Pa’Mudin, H, ‘Penggunaan Media Daun Kelor Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Hasil Belajar Di MTs Negeri 2 Lembata’, Indonesian Journal of Educational Development, 1.November (2020). <https://doi.org/10.5281/zenodo.4284185>

Prijanto, Jossapat Hendra, and Firelia De Kock, ‘Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11.3 (2021).

Putri, Septi D W I, and Desy E K A Citra, ‘Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ips Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu’, IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education, 1.1 (2019).

R. Burke Johnson, Larry Christensen, Educatonal Research: Quantitave, Qualitative, and Mixed Approaches, Fifth Edit (California: SAGE Publications, Inc., 2014), xxi.

Rahmat, Cecep, Bambang Heru Iswanto, and Sunaryo, ‘Leaf Flakes for Learning Electric Fields in Senior High School’, AIP Conference Proceedings, 2320.March (2021) <https://doi.org/10.1063/5.0037529>

Ranika Fonda, Nurlaili, and Evi Selva Nirwana, ‘Pengaruh Penggunaan Media Daun Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di TK Pembina Desa Simpang III Kaur Utara’, Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2.1 (2018).

Riskawati, ‘Problematika Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar’, Skripsi, 2020.

Robert Heinich, Michael Molenda, James D. Russell, ‘Instructional Media and Technologies for Learning’, 2002.

Sahraini, Humairah, ‘Wawancara’, 2022.

Selvia, Yunita, Observasi, 2022.

Sukmahidayanti, Tanti, ‘The Utilization Of Instructional Media In Teaching English To Young Learners (A Case Study of an Elementary School Teacher in Bandung)’, Journal of English and Education, 3.2 (2015).

Suwarno, Suwarno, Akrima Dini, Maulida Yani, Sahria Nurul Yana, and Susilawati Susilawati, ‘Pembelajaran Aqidah Akhlak Mengunakan Metode Bernyanyi Untuk Membantu Daya Ingat Siswa Kelas Iii Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Aceh Tengah’, TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5.2 (2022). <https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3108>

Suwarno, Suwarno, Ramadan Ramadan, and Susanti Arian Fitri, ‘Potensi Dan Masalah Dalam Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa’, Literatus, 4.1 (2022). <https://doi.org/10.37010/lit.v4i1.650>

Syahlana, Riskiyah, and Mas’udah Mas’udah, ‘Pengaruh Kegiatan Kolase Dengan Media Daun Kering Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Tk Bap Karang Dalam Sampang’, PAUD Teratai, 3.3 (2014).

Syakirah, ‘Wawancara’, 2022

Tengah, MIN 11 Aceh, ‘Kurikulum MIN 11 Aceh Tengah’, 2020.

Wijayanti, Ida Ayu Kade, I Wayan Subagia, and Siti Maryam, ‘Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas X Multimedia’, Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.3 (2021). <https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.38138>

Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa, ‘Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar’, Fondatia, 4.1 (2020). <https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515>

Yunus, Ahmad, and suwarno Mokoginta Harahap, ‘Komunikasi Dua Arah Sebagai Interaksi Edukatif Dalam Kisah Nabi Ā Dam Alaihi Al-Salam ( As )’, Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 6.2 (2023).

Zendrato, Juniriang, ‘Tingkat Penerapan Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas Suatu Studi Kasus Di SMA Dian Harapan Jakarta Juniriang Zendrato FIP – Universitas Pelita Harapan ABSTRAK’, Scholaria : Jurnal Elektronic Universitas Kristen Satya Wacana, 6.2 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.