Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka di Kelas 2 MIN 2 Bantul Yogyakarta

Shokhekul Huda, Muh. Wasith Achadi

Abstract


Kurikulum Merdeka dirancang lebih fleksibel dan dikondisikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga guru akidah akhlak di MIN 2 Bantul merancang pembelajaran sesuai prinsip kurikulum Merdeka dengan berpedoman pada E-book yang diterbitkan kementerian Agama, tanpa melakukan pelatihan khusus baik dari guru penggerak maupun dari berbagai institusi kementerian Agama. Sehingga Tujuan Penelitian adalah Mengetahui Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka Di Kelas 2 MIN 2 Bantul. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan berupa observasi partisipasi dan non partisipasi, wawancara dan dokumentasi.  Keabsahan data dengan triangulasi teori dan triangulasi teknik. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa pada aspek 1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum Merdeka dengan mengembangkan modul ajar dengan pendekatan saintifik, kondisi belajar dan kemampuan belajar peserta didik berupa projek pengembangan karakter. 2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum Merdeka berupa pembelajaran berbasis projek based learning dengan projek berupa mewarnai kaligrafi lafal tayyibah. 3) Assessment Pembelajaran akidah akhlak berupa assessment formatif penilaian pada saat proses pembelajaran berjalan, assessment sumatif penilaian pada akhir pembelajaran untuk memantau perkembangan belajar peserta didik dan tahap berkelanjutan untuk mengembangkan kemajuan belajar.


Keywords


Pembelajaran Akidah Akhlak, Kurikulum Merdeka, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Abroto, Abroto, Maemonah Maemonah, dan Nelsa Putri Ayu. “Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, No. 5 (26 Juni 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.703.

Ade Hera Adinda,Hossiana Ekklesia Siahaan,Inas Fawaz Raihani, Naurah Aprida, Niken Fitri Salwiah, Ade Suryanda. “Penilaian Sumatif Dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online.” Report Of Biology Education Vol. 2, No. 1 (2021).

Anwar, Lukman, Endin Mujahidin, dan Syamsul Rizal Mz. “Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam Berpola Kurikulum Merdeka DI SMK Muhammadiyah Kota Bogor.” Al-Mubin; Islamic Scientific Journal 6, No. 1 (31 Maret 2023). https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.436.

Aris Armeth Daud Al-Kahar Dan Resti Anjani Putri. “Project Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di PAUD.” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 4, No. 2 (t.t.). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.165.

Bimagfiranda, Syiraz Rozaky, dan Muh Wasith Achadi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak MI Negeri 1 Samarinda.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah Vol. 8, No. 1 (2023). https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.283.

Cahaya. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar DI Era Digital.” Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam Vol. 3, No. 2 (2022). https://doi.org/10.51672/jbpi.v3i2.97.

Falsa Wiko Saputra. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak DI SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang.” 2023, 18 Agustus. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30351.

Fitrah, M. dan Lutfiyah. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. SukaBumi: Cv Jejak, 2017.

Huda, Shokhekul, Dwinanda Suluh, dan Zulkipli Lessy. “Implementasi Etika Penggunaan Media Sosial Facebook dan Whatssapp Bagi Siswa MTs Negeri 3 Demak.” JIEP: Journal of Islamic Education Papua Vol. 1, No. 1 (6 Juli 2023). https://doi.org/10.53491/jiep.v1i1.604.

Kementerian Agama Republik Indonesia. Keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 437 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, 2022.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi. Panduan pembelajaran Dan Asesmen, 2022.

Kiriana, Nyoman, dan Ni Nyoman Sri Widiasih. “Penerapan Survei Karakter Dan Survei Lingkungan Belajar: Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era Disrupsi Digital.” Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu Vol. 10, No. 1 (1 Maret 2023). https://doi.org/10.25078/gw.v10i1.1822.

Martati, Badruli. “Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Proceeding: Universitas Muhammadiyah Surabaya Vol.1, no. 1 (2022): 13–22. https://doi.org/Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING “CES†(ConferenceOf Elementary Studies) Tahun 2022.

Maulida, Utami. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka.” Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam Vol. 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392.

Nurhayati, Pipih, Mario Emilzoli, dan Dzikra Fu’adiah. “Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) Vol. 6, No. 5 (16 Oktober 2022). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu Vol. 6, no. 4 (22 Mei 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Sari, Anindyta Happy Indah. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Bioedu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 12, No. 3 (2023).

Setiyaningsih, Suci, dan Heru Subrata. “Penerapan Problem Based Learning Terpadu Paradigma Konstruktivisme Vygotsky Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9, no. 2 (22 April 2023). https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5051.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (kualitatif, kuantitatif, Kombinasi, R&D Dan penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2019.

Zein, Muh. “Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran.” jurnal inspiratif Pendidikan Vol. 5, no. 2 (2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.