Implementasi Pembelajaran STEAM pada Kelas Rendah di Sekolah Dasar

Eni Rakhmawati, Wa Ode Riniati, Badriyah Badriyah, Irmawati Irmawati

Abstract


Pembelajaran STEAM mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menganalisis informasi. Melalui eksperimen, proyek, dan tugas-tugas kreatif, siswa belajar untuk menyusun argumen, membuat prediksi, dan mengevaluasi hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran STEAM pada kelas rendah di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan studi pustakan atau Literature Review. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya dalam literatur penelitian. Literatur yang digunakan adalah literatur dari hasil penelitian atau kajian yang disajikan dalam artikel ilmiah. Berdasarkan literature review dari beberapa artikel kesimpulan pada artikel ini adalah pembelajaran STEAM di kelas rendah khususnya di sekolah dasar mmerupakan pembelajaran kontekstual, dimana anak diajak untuk memahami kejadian yang terjadi dalam ruang lingkup kehidupan sehingga anak mengeksplorasi semua kemampuan yang dimilikinya dan memunculkan karya yang berbeda dari individu maupun kelompok. Kolaborasi, Kerjasama, dan komunikasi diterapkan dalam proses pembelajaran karena STEAM dilakukan secara berkelompok untuk merangsang kemamampu bertanggung jawab dan memecahkan masalah baik personal ataupun interpersonal terhadap pembelajaran serta mampu mengkonstruk pemahaman terhadap materi yang disampaikan.


Keywords


STEAM, Kelas Rendah, Sekoklah Dasar

Full Text:

PDF

References


Areepattamannil, Shaljan, dan Myint Swe Khine, ed. STEAM Education: Theory and Practice. 1st ed. 2019. Cham: Springer International Publishing : Imprint: Springer, 2019. https://doi.org/10.1007/978-3-030-04003-1.

Bahrum, Suraya, Norsalawati Wahid, dan Nasir Ibrahim. “Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 7, no. 6 (27 Juli 2017). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i6/3027.

Costantino, Tracie. “STEAM by Another Name: Transdisciplinary Practice in Art and Design Education.” Arts Education Policy Review 119, no. 2 (3 April 2018). https://doi.org/10.1080/10632913.2017.1292973.

Mu’minah, Iim Halimatul, minah, dan Yeni- Suryaningsih. “Implementasi Steam (Science, TECHNOLOGY, Engineering, Art and Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21.” Bio Educatio 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105.

Nuragnia, Berliany, Nadiroh Nadiroh, dan Herlina Usman. “Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388.

Nurfajariyah, Anisah Fifi, dan Erna Risfaula Kusumawati. “Implementasi Dan Tantangan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics).” JURNAL LENTERA PENDIDIKAN PUSAT PENELITIAN LPPM UM METRO 8, no. 1 (13 Juni 2023). https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2646.

Ramadhan, Wandri. “Pembelajaran Berbasis Pendekatan Steam Melalui Project-Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 8, no. 2 (2023).

Riyanti, Esti Dewi, Fenny Roshayati, dan Veryliana Purnamasari. “The Profile of Elementary Teachers’ Understanding in STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Approach.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.27340.

Rolling, James Haywood. “Reinventing the STEAM Engine for Art + Design Education.” Art Education 69, no. 4 (3 Juli 2016). https://doi.org/10.1080/00043125.2016.1176848.

Sriyanto, S., Achmad Buchori Arri Handayani, dan Phong Thanh Nguyen Herlina Usman. “Implementation Multi Factor Evaluation Process (MFEP) Decision Support System for Choosing the Best Elementary School Teacher.” International Journal of Control and Automation 13, no. 02 (20 Maret 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.