Pengaruh Media Papan Menjahit Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 5 pada Siswa Hambatan Intelektual Sedang Kelas IV di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru

Fatimatus Zahro, Dedy Ariyanto, Khusna Yulinda Udhiyanasari

Abstract


Media papan menjahit angka adalah sebuah media pembelajaran yang mempunyai manfaat banyak terutama kemampuan mengenal angka 1 sampai 5 pada siswa, dengan menggunakan media papan menjahit angka yang sesuai dengan bentuk angka secara tidak langsung siswa juga akan belajar mengenal angka. Dan juga media papan menjahit angka ini ada banyak manfaatnya yaitu belajar melatih motorik halus juga dan bisa melatih keterampilan, kreativitas, dan konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal angka 1 sampai 5 melalui media papan menjahit pada siswa hambatan intelektual sedang kelas IV di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru. Jenis penelitian yang digunakan ialah Single Suject Rresearch (SSR). Penelitian ini menggunakan desain A-B. Subjek penelitian ini berinisial A. Dalam penelitian ini menggunakan dua fase yaitu fase baseline (A) dan fase intervensi (B). Pada fase peneliti melaksanakan 15 kali yang di bagi menjadi 2 fase, fase baseline (A) selama 5 sesi dan fase intervensi (B) selama 10 sesi persesi dilakukan selama 60 menit. Dari hasil persentase baseline (A) yaitu 20%,30%, 20%, 40%, dan 20%, sedangkan hasil persentase intervensi (B) yaitu 30%, 40%, 20%, 20%, 20%, 50%, 10%, 30%, 10%. Dan 50%. Hasil yang diperoleh dilanjutkan dengan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pada persentase overlap yang didapatkan yaitu 0% yang menunjukkan banwa intervensi yang diberikan pada siswa berpengaruh terhadap kemampuan mengenal angka 1 sampai 5 yang menggunakan media papan menjahit angka. Dengan demikian rumusan masalah yang ditemukan sudah terjawab bahwa media papan menjahit angka sangat efektif untuk mengetahui kemampuan siswa dalam kemampuan mengenal angka 1 sampai 5 pada siswa hambatan intelektual sedang kelas IV di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru.


Keywords


Kemampuan, Hambatan Intelektual, Media Papan Menjahit Angka

Full Text:

PDF

References


Damastuti, Eviani. Pendidikan Anak Dengan Hambatan Intelektual. Banjarmasin: Prodi PLB FKIP ULM, 2020.

Hasan , M. dkk Pengembangan Media Pembelajaran. Sukoharjo: CV. Tahta Media Grup, 2021.

Hasan, M., Supatminingsih, T., Mustari., Ahmad, M. I. S., Rijal, S., & Ma’ruf, M. I. The Development of pocketbook Learning Media based on mind Mapping inIntroductory Economics Course. Universitas Journal of Educational Research 8 no.12B (2020).

Madaniah, Alat peraga edukatif menjahit angka. (2020), Madania.co.id https://madaniah.co.id/product/alat-peraga-edukatif-menjahit-angka/

Mais, Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK). Buku refleksi untuk guru. 2016.

Miasih, S. Efektifitas penerapan media papan menjahit dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A di TK PUI Palimanan. (2019).

Mutiasari, Siti Fatimah, Binahayati, dan Budi Muhammad, Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Tunagrahita Sedang Di SLB Negeri Purwokarto). Jurnal Pendidikan dan PKM 4 no.2 (2017).

Sudijono, Anas. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Sunanto, J. Pengantar pendidikan dengan subjek tunggal. Cricet: Universitas Tsukub, 2005.

Widiastuti, Karang, Gede, Ni Luh, Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita, Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.