Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Hambatan Emosi dan Perilaku pada Anak Usia 7 Tahun di Madrasah Diniyah Bagon

Moh. Agil Muwafiqur Rohman, Dedy Ariyanto, Bhennita Sukmawati

Abstract


Pola asuhan yang kurang baik atau kurang peduli terhadap anak akan berdampak serius pada perkembangan emosi dan perilaku sehingga anak sulit untuk mengontrol emosi dan berinteraksi dengan keluarga maupun orang yang berada di lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab munculnya perilaku anak hambatan emosi dan perilaku. Subjek penelitian ini ialah anak inisial ST kelas 1 di Madrasah Diniyah yang berada di Desa Bagon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga yang tidak baik akan memiliki dampak kepada anak sehingga menyebabkan mengalami hambatan emosi dan perilaku. Pola asuhan yang kurang baik atau kurang peduli terhadap anak juga berdampak serius pada perkembangan emosi dan perilaku sehingga anak sulit untuk mengontrol emosi dan berinteraksi dengan keluarga maupun orang yang berada di sekelilingnya karena ketiadaan  perhatian, kasih sayang orang tua kepada anak.


Keywords


Faktor Penyebab, Anak Hambatan Emosi, Perilaku

Full Text:

PDF

References


Arifudin, O. Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1 no.1 (2023).

Bahri, A. S. Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). (Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021).

Dewi, D. P. Asesmen sebagai upaya tindak lanjut kegiatan identifikasi terhadap anak berkebutuhan khusus. Wahana 70 no.1 (2018).

Dhiu, K. D., & Fono, Y. M. Dampak Pengasuhan Kakek dan Nenek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9 no.3 (2021).

Faturrahman, R. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Teknologi, 1 no.1 (2018).

Fikriyah, S. Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia 3 no.1 (2022).

Lam, CM, To, SM, & Kwong, WM. Pengembangan dan validasi kuesioner tentang keyakinan orang tua di Tiongkok terhadap peran dan tanggung jawab orang tua. Penelitian Terapan dalam Kualitas Hidup 15 (2018). https://doi.org/10.1007/s11482-018-9682-4

Massa, N., Rahman, M., & Napu, Y. Dampak Keluarga Broken Home Tehadap Perilaku Sosial Anak. Jambura Journal of Community Empowerment (2020).

Mayasari, et al. "Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak." Business and Accounting Education Journal 4 no.1 (2023).

Nanik, N. Karakteristik Problematika Anak Penyandang Tuna Laras Perspektif Pendidikan Agama Islam. Istisyfa| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1 no.3 (2022).

Ngewa, H. M. Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education) 1 no.1 (2021).

Rahmah, A., & Arief, S. Mediasi Penal Sebagai Alternatif Penyelesaian Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Jurisprudentie, 5 no.2 (2018).

Shek, DTS, & Dou, D. Keyakinan orang tua tentang peran dan tanggung jawab orang tua pada orang tua di Tiongkok: Temuan pionir. Jurnal Internasional Kesehatan Anak dan Remaja, 12 no.4 (2019).

Somantri, Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa, (Bandung: Refika Aditama, 2006)

Sugihartatik, S., Pertiwi, E. P., & Ariyanto, D. Pentingnya Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Anak Disabilitas Laras di SDN Kebonsari V Jember. SPEED Journal: Journal of Special Education, 6 no.2 (2023).

Susanto, A. Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. (Bumi Aksara, 2021).

Utami, D. T. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1 no.1 (2018).

Utami, D. T. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 no.1 (2018).

Widjaja, G. Improving The Quality of Madrasas Through Financial Management. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7 no.3 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.