Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar

Nailah Fatma, Winarti Winarti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa masih sulit dalam menganalisis soal yang berbentuk essay karena soal essay memerlukan kemampuan berpikir kritis yang mendalam seperti menganalisis memberi argument. Tujuan penelitian mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran sains dan memahami bagaimana profil kemampuan berpikir kritis siswa pada sains untuk menyelesaikan permasalahan di sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif, dengan bentuk deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di salah satu SDN kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian adalah ada perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa telah berkembang dan siswa mulai berpartisipasi aktif dalam pemecahan masalah. Dengan melakukan eksperimen dan berpartisipasi lebih aktif dalam diskusi kelompok, siswa menjadi lebih kritis dalam memberi argument dan terlibat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan diskusi kelompok dan pengetahuannya sendiri, siswa mampu memecahkan masalah. Proses pengumpulan informasi secara wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi dikenal sebagai teknik analisis data. Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian, karakterisasi, sintesis, dan pengorganisasian data ke dalam pola.


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, SAINS, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Al-Humaira, Aiko ’Ula, and Aninditya Sri Nugraheni, ‘Implementasi Model Pembelajaran Connected Pada Materi Pantun Bertema Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI An-Nuur Cahaya Umat’, Jurnal Pendidikan, 11.1 (2023). <https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.2552>

Ardiyanti, Yusi, ‘Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5.2 (2016). <https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544>

Baharuddin, Rifdah Ananda, Fatiya Rosyida, Listyo Yudha Irawan, and Dwiyono Hari Utomo, ‘Model Pembelajaran Self-Directed Learning Berbantuan Website Notion: Meningkatkan Kemampuan Berpikit Kritis Siswa SMA’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9.3 (2022). <https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017>

Budiartini, Ni L Orin, I N Arcana, and I G Margunayasa, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Di SD 7 Datah’, 2013.

Edwin, Mustafa, ‘Proses Penelitian Kuatitatif. Jakarta: lembaga penerbitan FEUI, 2017.

Eko Saputra, Teguh Budi Raharjo, Mohamad Nur, and Tarzan Purnomo, ‘Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Phet Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa’, Journal of Science Education and Practice, 1.1 (2017). <https://doi.org/10.33751/jsep.v1i1.378>

Eko, Siswono dan tatagyuli, Paradigma Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remja Rosdakarya, 2019)

Fitriya, Devi, Aam Amaliyah, Pujianti Pujianti, and Nur fauziah Fadhillahwati, ‘Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013’, JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) 3.5 (2022). <https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366>

Hikmawati, Fenti, Metodelogi Penelitian. Depok: rajawali pres, 2020.

Jufriadi, Akhmad, Choirul Huda, Sudi Dul Aji, Hestiningtyas Yuli Pratiwi, and Hena Dian Ayu, ‘Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7.1 (2022). <https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482>

Mudiawati, D, ‘Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Parakan Pondok Benda’, Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2020.

Partono, Partono, Hesti Nila Wardhani, Nuri Indah Setyowati, Annuriana Tsalitsa, and Siti Nurrahayu Putri, ‘Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative)’, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14.1 (2021). <https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810>

Prayitno, Lydia Lia, Ida Sulistyawati, and Imas Srinana Wardani, ‘Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Di Kecamatan Bulak’, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1.2 (2016).

Putri, Adella Rizkilla, ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi)’, Repository Universitas Islam Riau, 2010, 2016.

Rachmadtullah, Reza, ‘Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 6.2 (2015).

Reswari, Ardhana, ‘Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun’, JCE (Journal of Childhood Education), 5.1 (2021). <https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490>

Samsul Amarila, Raula, Bambang Subali, and Sigit Saptono, ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Lingkungan’, Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 8.1 (2021). <https://doi.org/10.21009/improvement.v8i1.20192>

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuatitatifdan R&D. (Bandung, 2017)

Sungkono, Sungkono, ‘Pembelajaran Tematik Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar’, Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2.1 (2006).

Tilamsari, Balkis Yuliar, Sawitri Komarayanti, and Sri Purwaningsih, ‘Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X.3 Sman Rambipuji’, ScienceEdu, 6.1 (2023). <https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40001>




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.