Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Tety Nur Cholifah

Abstract


Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu inovasi pendidikan Indonesia untuk memaksimalkan potensi dan minat belajar siswa. Implementasi kurikulum Merdeka memiliki tujuan yaitu mempersiapkan individu agar memiliki pribadi yang produktif, kritis, kreatif dan inovatif sehingga Kurikulum Merdeka ini menekankan pada penguatan literasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil literasi membaca dan literasi budaya di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar di kelas V sebanyak 75 orang siswa dan guru sebanyak 15 orang di 3 sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, soal tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa literasi membaca siswa sekolah dasar masuk dalam kriteria sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 68,82%, sedangkan literasi budaya dan kewargaan diperoleh kriteria tinggi dengan ketercapaian sebesar 78,22%. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan partisipasi orang tua dan masyarakat dalam penerapan literasi.


Keywords


Literasi Membaca, Literasi Budaya, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


ahsani, Eva Luthfi Fakhru, And Nur Rufidah Azizah. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 11, No. 01 (June 3, 2021). Https://Doi.Org/10.20527/Kewarganegaraan.V11i01.10317.

Aziza, Puja Nur, Amrazi Zakso, And Maria Ulfah. “Peran Guru Dalam Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Di Sma Kemala Bhayangkari.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk) 9, No. 1 (2017).

Dewayani, Sofie, And Pratiwi Retnaningdyah. Suara Dari Marjin: Literasi Sebagai Praktik Sosial. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2017.

Faizah, Dewi Utama, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian, And Renya Roosaria. Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2016.

Heyne, Nora, Timo Gnambs, Kathrin Lockl, And Nora Neuenhaus. “Predictors Of Adolescents’ Change In Reading Literacy: The Role Of Reading Strategies, Reading Motivation, And Declarative Metacognition.” Current Psychology 42, No. 36 (December 2023). Https://Doi.Org/10.1007/S12144-022-04184-7.

Ihsania, Salmaa, Wikanengsih Wikanengsih, And Mekar Ismayani. “Pengaruh Cerita Fiksi Terhadap Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa.” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, No. 1 (August 8, 2020). Https://Doi.Org/10.22460/P.V3i1p81-90.4490.

Lince, Leny. “Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iaim Sinjai 1, No. 1 (May 19, 2022): 38–49. Https://Doi.Org/10.47435/Sentikjar.V1i0.829.

Maimun, Maimun, Sanusi Sanusi, Yusuf Rusli, And Hema Muthia. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Kebangsaan Melalui Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Kota Banda Aceh.” Civicus : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 8, No. 1 (March 31, 2020). Https://Doi.Org/10.31764/Civicus.V8i1.1789.

Mullis, Ina V.S., And Michael O. Martin. “Pirls 2021 Reading Assessment Framework – Assessment Frameworks.” Accessed January 17, 2024.

Muniroh, Siti Mumun, Nur Khasanah, And Mohammad Irsyad. “Pengembangan Literasi Budaya Dan Kewargaan Anak Usia Dini Di Sanggar Allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan.” Jurnal Lentera Anak 1, No. 01 (October 29, 2020).

Pinto, Laura, Megan Boler, And Trevor Norris. “Literacy Is Just Reading And Writing, Isn’t It? The Ontario Secondary School Literacy Test And Its Press Coverage.” Policy Futures In Education 5, No. 1 (March 1, 2007). Https://Doi.Org/10.2304/Pfie.2007.5.1.84.

Purwanto. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Putra, Winardi Adi, Vera Yuli Erviana, And Zulfiana Dwi Pratiwi. “Pojok Baca Sebagai Kegiatan Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Sd Muhammadiyah Gamplong.” Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2022.

Rahmadayanti, Dewi, And Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, No. 4 (June 7, 2022). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3431.

Rapanta, Chrysi, Maria Vrikki, And Maria Evagorou. “Preparing Culturally Literate Citizens Through Dialogue And Argumentation: Rethinking Citizenship Education.” The Curriculum Journal 32, No. 3 (September 2021). Https://Doi.Org/10.1002/Curj.95.

Safitri, Syelviana, And Zaka Hadikusuma Ramadan. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Di Sekolah Dasar.” Mimbar Ilmu 27, No. 1 (April 25, 2022). Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V27i1.45034.

Sari, Dwi Arum, And Supriyadi Supriyadi. “Penguatan Literasi Budaya Dan Kewargaan Berbasis Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 4, No. 1 (January 31, 2021). Https://Doi.Org/10.12928/Citizenship.V4i1.19409.

Unesco. “Defining Literacy.” Germany: Uis, 2018.

Wajdi, Farid. “Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 4, No. 1 (March 31, 2021). Https://Doi.Org/10.17977/Um027v4i12021p41.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, And Dasim Budimansyah. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2, No. 2 (August 17, 2014). Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V2i2.2168.

Yanti, Yulia Eka, Herawati Susilo, Mohamad Amin, And Utami Sri Hastuti. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.” Prodising Seminar Nasional Biologi, 2019.

Zikra, Sari Dariska Zikrayanti Sari. “Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa Di Sman 3 Takengon.” LIBRIA 10, no. 2 (July 11, 2019). https://doi.org/10.22373/4067.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.