Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah dalam Meningkatkan Karakter Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Azzahro)

Aspiyah Aspiyah

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui integrasi kurikulum pesantren dalam meningkatkan karakter santri di Pondok Pesantren Azzahro’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah Integrasi Kurikulum yang dilaksanakan pondok pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren Azzahro’adalah sebagai berikut: 1) Integrasi materi pondok berupa mata pelajaran nahwu Sobah ke dalam materi madrasah.  2) Penerapan dalam penggunaan bahasa Asing (Arab dan Inggris) dalam aktifitas keseharian.  3) Program wajib Belajar 6 tahun dan 4 tahun. 4) Integrasi materi pondok pesantren yaitu kitab klasik/kuning ke dalam jadwal mata pelajaran Madrasah. 5) Penerapan bahasa pengantar dalam pembelajaran di kelas dengan bahasa Asing.   Integrasi kurikulum pesantren dalam pembentukan karakter santri dilakukan dengan: 1) Kebijakan desain integrasi kurikulum pesantren dan madrasah dalam membentuk karakter siswa. 2) Pola-pola desain integrasi kurikulum dalam membentuk karakter siswa, 3) Memberikan fasilitas lingkungan pendidikan pesantren yang memudahkan pelaksanaan integrasi kurikulum, 4) Menyamakan persepsi dalam membimbing karakter siswa, 5) Memberikan program dan kegiatan yang mengarahkan siswa untuk membiasakan nilai-nilai karakter dalam keseharian.


Keywords


Integrasi Kurikulum, Pesantren Dan Madrasah, Karakter Santri

Full Text:

PDF

References


Bogdan, Robert C, and Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods (Boston: Allyn and Bacon, inc, 1998).

Chandra, Pasmah, ‘Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri Di Era Disrupsi’, Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5.2 (2020). <https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497>

Fitri, Agus Zaenul, and Nik Haryanti, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed Method Dan Research and Development (Malang: Madani Media, 2020).

Haryanti, Nik, Ilmu Pendidikan Islam (Malang: Gunung Samudera, 2014).

Haryanti, Nik, and Luluk Indarti, ‘Strategi Pembelajaran Kiai Dalam Membentuk Karakter Jujur Dan Disiplin Santri’, TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam Volume, 10.1 (2022). <https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.121-136>

Haryati, Sri, ‘Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013’, Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19.2 (2013).

Imron, Ali, ‘Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren Dalam Peningkatan Pemahaman Agama Islam’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3.2 (2022). <https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i2.625>

Jamalia, Jamalia, Haidar Syahrul Afif, and Arif Mansyuri, ‘Intergrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Madrasah Di Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Sidoarjo’, Jurnal Kependidikan Islam, 11.2 (2021). <https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.252-260>

Khoiruddin, Muhammad, ‘Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Perguruan Tinggi’, Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 17.2 (2019). <https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i2.1526>

Miles, matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana, Qualitative Data Analysis (New Delhi: SAGE Publications, 2014).

Muklasin, Riswandi, and Alben Ambarita, ‘Manajemen Pendidikan Karakter Santri (Studi Kualitatif Di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Margodadi Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus)’, Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 4.1 (2016).

Qutni, Darul, ‘Efektivitas Integrasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik (Studi Di SMP Daarul Qur’an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an)’, TAHDZIBI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2018). <https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.103-116>

Sagala, Syaiful, ‘Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Pondok Pesantren’, Jurnal Tarbiyah, 22.2 (2015).

Siregar, Muammar Kadafi, ‘Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3.2 (2018). <https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263>

Tambunan, Amirsyah, and Ummah Karimah, ‘Implementasi Integrasi Kurikulum Pada Proses Santri ( Studi Kasus Di Pesantren Tahfizh Daarul Qur ’ an Takhassus Banyuwangi )’, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2 (2022).

Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir, ‘Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran)’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6.1 (2020). <https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121>




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.