Signifikansi dan Keuntungan Bimbingan Konseling Untuk Murid Madrasah Ibtidaiyah

Nina Kardina, Hartini Hartini, Syamsul Rizal

Abstract


Pendidikan karakter yang baik sebaiknya dimulai sejak dini, mengingat terdapat banyak insiden yang melibatkan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) saat ini, seperti kecanduan bermain game yang menyebabkan pengabaian terhadap kewajiban seperti sholat, makan, bahkan tidur, hanya karena terpaku pada gadget atau handphone. Tambahan lagi, dengan terdapat kasus bullying di kalangan siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI). Semua permasalahan ini perlu diatasi atau dihindari sejak usia dini, mengingat siswa adalah generasi penerus bangsa. Salah satu langkah yang dapat diambil adalah menerapkan bimbingan dan konseling di lingkungan sekolah. Bimbingan dan konseling dapat dilakukan secara individu maupun klasikal. Pendekatan ini bertujuan agar siswa mampu mengembangkan perilaku yang positif dan menghindari perilaku yang tidak diinginkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan mengumpulkan berbagai sumber data dari penelitian-penelitian sebelumnya, dan menggunakan analisis data interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami signifikansi dan manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan penerapan bimbingan dan konseling di Madrasah Ibtidaiyah.


Keywords


Penting, Manfaat, Bimbingan, Konseling

Full Text:

PDF

References


Adriani, Melisa, Khairani Khairani, and Indah Sukmawati. “Kerjasama Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengembangkan Cara Belajar Siswa.” Konselor 2, no. 1 (January 1, 2013). https://doi.org/10.24036/0201321732-0-00.

Aminah, Siti, Mungin Eddy Wibowo, and D. Y. P. Sugiharto. “Pengembangan Model Program Bimbingan Dan Konseling Berbasis Karakter Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bimbingan Konseling 3, no. 1 (2014). https://doi.org/10.15294/jubk.v3i1.4609.

Ardimen, Ardimen, Neviyarni Neviyarni, Firman Firman, Gustina Gustina, and Yeni Karneli. “Model Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Muhasabah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (October 31, 2019). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232.

Evi, Tika. “Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (April 8, 2020). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589.

Gunawan, Ronny. “Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah.” Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan 1, no. 1 (July 18, 2018). https://doi.org/10.33541/sel.v1i1.766.

Hasanah, Kutlatul. “Revitalisasi Peran Konselor Dalam Kinerja Bimbingan Konseling Di Pesantren Nurul Jadid.” At-Tuhfah 9, no. 1 (July 4, 2020). https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.281.

Hunainah, and Ujang Saprudin. Manajemen Bimbingan Dan Konseling. Bandung: RIZQI PRESS, 2018.

Kasih, Fitria. “Model Pengembangan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Tingkah Laku Remaja Bagi Orang Tua Tipe Permisif.” Jurnal Counseling Care 1, no. 2 (March 24, 2018). https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i2.2525.

Musyofah, Tina, Tri Pitri, and Sumarto Sumarto. “Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK.” Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling 4, no. 3 (September 26, 2021). https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312.

Nisa, Alfiatin. “Analisis Kenakalan Siswa Dan Impliksinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling.” Jurnal Bimbingan Konseling 4, no. 2 (2018).

Nur, Muhammad, Yasriuddin Yasriuddin, and Nor Azijah. “Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif).” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (May 5, 2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054.

Nurochman, Heru, and Muhammad Andi Setiawan. “Peran Konselor Dalam Penanggulangan Pergaulan Bebas Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 2 Palangkaraya).” Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 4, no. 2 (March 11, 2019). https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.620.

Rachman, Ali, Akhmad Sugianto, and Sri Yustina. “Pemahaman Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Tingkat SMP.” JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN 6, no. 1 (June 10, 2020). https://doi.org/10.31602/jbkr.v6i1.2266.

Sari, Azmatul Khairiah, Neviyarni S, and Yarmis Syukur. “Urgensi Kerjasama Personil Bimbingan Konseling Di Sekolah.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 5, no. 1 (June 30, 2021). https://doi.org/10.26539/teraputik.51603.

Sari, Milya, and Asmendri Khaidir. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (December 3, 2022). https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Theresia, Monica, and Neviyarni Neviyarni. “Pelaksanaan Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Negeri 200111 Padang Sidempuan Oleh Guru Kelas.” E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 8, no. 1 (June 29, 2020). https://doi.org/10.24036/et.v8i1.109063.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.