Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SD

Dian Aprelia Rukmi, Heri Maria Zulfiati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini berlatar belakang rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah ekosistem. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan sesuai dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama ada dua kali pembelajaran dan siklus kedua ada satu kali pembelajaran. Tahapan pelaksanaan setiap siklus melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kiyaran 2 Cangkringan tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dari setiap pelaksanaan siklusnya. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pra siklus adalah 65,71. Pada siklus I meningkat menjadi 74,29 dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 87,14. Selain berpengaruh pada kemampuan berpikir peserta didik, penerapan PBL juga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 65,43. Pada siklus I dengan rata-rata 77,57 dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL antara pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan terhadap kemampuan berpikir serta hasil belajar peserta didik.


Keywords


Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Almarzooq, Zaid I., Mathew Lopes, dan Ajar Kochar. “Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education.” Journal of the American College of Cardiology 75, no. 20 (2020). https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015.

Amalia, Nur Fitri, dan Emi Pujiastuti. “Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu melalui Model PBL.” Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 2016.

Amin, Saiful, Sugeng Utaya, Syamsul Bachri, Sumarmi, dan Singgih Susilo. “Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8, no. 2 (2020). https://doi.org/10.17478/jegys.650344.

Ariyani, Bekti, dan Firosalia Kristin. “Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 5, no. 3 (2021). https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.

Cahyani, Halimah Dwi, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, dan Albertus Saptoro. “Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 3 (2021).

Darsana, I Gede Beny, I Wayan Wiarta, dan Made Putra. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 3 (2019). https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18608.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. “Jurnal basicedu,” 4, no. 2 (2020).

Helwig, Nathaniel E, Sungjin Hong, dan Elizabeth T Hsiao-wecksler. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” t.t.

Herzon, Hayuna Hamdalia, Budijanto, dan Dwiyono Hari Utomo. “Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3, no. 1 (2018).

Hilmi, Muhammad. “Implementasi pendidikan IPS di sekolah dasar.” JIME: Jurnal Ilmiah Mandala Education 3, no. 2 (2017).

Kritis, Berpikir, dan Memecahkan Masalah. “Penerapan Problem Based Learning,” 2015.

Masek, Alias, dan Sulaiman Yamin. “The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review.” International Review of Social Sciences and Humanities 2, no. 1 (2011).

Maulidia, Lisa, Tia Nafaridah, Ahmad, Ratumbuysang. Monry FN, dan Eva Maya Sari. “Analisis Keterampilan Abad Ke 21 melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Bajarsari.” SeminarNasional (PROSPEK II), no. Prospek Ii (2023).

Nadialista Kurniawan, Risyad Arhamullah. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Industry and Higher Education 3, no. 1 (2021).

Putri Umbara, Ida Ayu Arieska, I Wayan Sujana, dan I Gusti Agung Oka Negara. “Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa.” Mimbar Ilmu 25, no. 2 (2020). https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Qomariyah, Evi Nurul. “Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPS.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 23, no. 2 (2017).

Salma, Intan Maulidah, dan Risvi Revita Yuli. “Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21,” no. 1 (2023).

Zahrawati, Fawziah. “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil.” Indonesian Journal of Teacher Education 1, no. 2 (2020).

Zubaidah, S. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online,” no. 2 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.