Penerapan Metode An-Nashr dalam Pembelajaran Terjemah Al-Quran Siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr Wajak Kabupaten Malang

Akhmad Fauzi, Aunur Rofiq

Abstract


Banyak sekali lembaga pendidikan yang menjadikan al-quran sebagai mata pelajaran pokok yang harus dipelajari bahkan sampai harus menghafal al-quran tersebut. Namun pada saat ini belum banyak berkembang metode pemahaman al-quran untuk orang islam yang notabene non-arab (kaum ajam), banyak dari mereka fasih membaca al-quran, mengetahui hukum tajwid serta makhorijul huruf dan tidak sedikit dari mereka yang sudah hafal seluruh isi dari al-quran. Akan tetapi mereka belum faham apa arti dan maksud dari ayat yang mereka baca dan hafal tersebut. Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr merupakan madrasah yang menjadikan metode An-Nashr sebagai pelajaran pokok, metode An-Nashr sendiri merupakan metode terjemah al-quran yang mulai diterapkan pada tahun 2005, dan juga metode ini bisa diterapkan pada tingkat madrasah tsanawiyah maupun tingkat madrasah aliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan metode An-Nashr siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr, (2) hasil belajar kognitif metode An-Nashr pada siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan teori Miles dan Huberman, dan pengecekan keabsahan datanya menggunakan teknik ketekunan pengamat. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan metode An-Nashr dalam pembelajaran terjemah al-quran siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr yaitu menggunakan pola 4-3-2-1, dengan penerapan meliputi (a) perencanaan, (b) materi, (c) metode, (d) alat pembelajaran, (e) penilaian, (f) langkah-langkah pembelajaran. (2) hasil belajar kognitif metode An-Nashr siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr, nilai rata-rata siswa Madrasah Ibtidaiyah An-Nashr yaitu rata-rata huruf B. Dengan indikator keberhasilan yaitu mampu menerjemah dengan terjemah per-kata dan mampu menerjemah per-ayat juz 30.


Keywords


Metode An-Nashr, Pembelajaran Terjemah Al-Quran, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Aini, Syarifah Nur. “Tren Karantina Tahfizh Alquran Dalam Keluarga Milenial: Studi Kasus Alquran Yayasan Amanah Umat Banua Kalimantan Selatan”, Muasarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 2, no. 2 (2020).

Aliyah, Nasichatul. Implementasi Metode An-Nashr Untuk Meningkatkan Kemapuan Menghafal Terjemah Ayat Al-Quran Pada Siswa MTs NU Pakis. Malang: FTIK UIN Maulana Malik Ibrahim, 2022.

Asriannor & Syarifah Nur Aini. “Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Quran Melalui Metode Wafa (Studi Kasus SDIT Nurul Fikri Banjarmasin)”, Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (2023).

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kualitatif: Rekonstruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial & Humaniora. Batu: Literasi Nusantara, 2019.

Hidayatullah, Moch. Syarif. Tarjim Al-an. Cara Mudah Menerjemahkan Arab-Indonesia, Tangerang: Dikara, 2009.

Karman, M. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Taufik, M. Belajar Cepat dan Mudah Terjemah Al-Qur’an Metode An-Nashr Buku Panduan Guru 1, Malang: UM Press, 2013.

Taufik, M. Belajar Cepat dan Mudah Terjemah Al-Qur’an Metode An-Nashr Buku Panduan Murid 1, Malang: UM Press, 2013.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.