Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih

Ahmad Zaki Mubarak, Ahmad Dzaky, Syahrani Syahrani

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi penulis serta hasil wawancara dengan guru mata pelajan fikih yang bersangkutan di MIN 18 Hulu Sungai Selatan yang berkesimpulan bahwa salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan oleh penggunaan model pembelajaran yang monoton. Penulis tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning pada mata pelajaran Fikih materi pokok Ibadah kurban dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V/B di MIN 18 Hulu Sungai Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi 21 orang siswa serta satu orang kolaborator. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pada  tiap-tiap siklus terdapat empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model problem based learning yang mana siswa diorientasikan terhadap permasalahan untuk mereka pecahkan dengan metode diskusi kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari presentasi ketuntasan dari nilai post test pada siklus I 57,14% menjadi 90,48% pada siklus II, yakni ada peningkatan sebesar 58,33%.


Keywords


Pembelajaran berbasis masalah, PTK, Fikih

Full Text:

PDF

References


Barrett, Terry, (2017). A New Model of Problem-based learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.

Ginting, Nurman (2021). Problem Based Learning In PAI Learning, Proceeding Internasional Seminar on Islamic Studies, Volume 2(1).

Halimah, Nur dan Adiyono (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar, Educatioanl Journal: General and Specific Research, Vol. 2(1).

Mansir, Firman Dan Purnomo, Halim (2020). Urgensi Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah, Journal Of Islamic Education Studie, Vol. 5 (2).

Mu’alimin (2014) Penelitian tindakan kelas: Teori dan parktik, Pasuruan: Ganding Pustaka.

Purwanto (2016). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto Ngalim (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim (2014). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya..

Rohmansyah (2017). Fiqh Ibadah dan Mu’amalah, Yogyakarta: LP3M UMY.

Rulam Ahmad (2016), Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Ar- Ruzz.

Sabri, Muhammad (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2 (4).

Sanjaya, Wina (2016) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Sofiah (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI SD Negeri 111/IX Jaluko Kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 11 (2).

Sofyan Herminarto (2017). dkk, Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: UNY Press.

Sri Anitah (2017). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.