Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru

Mukhtar Rasyid, M Aliful Khabib, Neila Qonita, Yetri Yetri, Junaidah Junaidah

Abstract


Kebijakan dan tindakan pengambilan keputusan kepala sekolah merupakan komponen yang sangat penting untuk menentukan tingkat kemampuan dan keterampilan tenaga pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kompetensi guru. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Jenis penelitian adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai referensi terkait topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai kebijakan dan strategi. Beberapa kebijakan utama yang dapat dilakukan kepala sekolah antara lain penetapan standar kompetensi guru, evaluasi kinerja guru secara berkala, pemberian supervisi konstruktif, fasilitasi berbagai pelatihan dan pengembangan profesi guru, serta menciptakan iklim kerja yang kondusif demi terciptanya kenyamanan guru dalam mengasah kompetensinya. Dengan kebijakan yang tepat, kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi guru untuk terus mengasah dan mengembangkan kompetensinya. Penulis menyarankan agar kepala sekolah menaruh perhatian pada kompetensi pedagogik dan pengembangan soft skills guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Keywords


Kepala Sekolah, Kebijakan, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Akbar, Irfan Rizka, Umi Narimawati, Azhar Affandi, Sidik Priadana, and Heri Erlangga. “Analisis Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru (Study Kasus Pada SMK Muhammadiyah Parung).” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 4 (2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.539.

Anik Puspiani, Happy Susanto, Sigit Dwi Laksana. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Professionalisme Guru Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun 2016-2017.” Universitas Muhammadiyah Ponorogo 4 (2017).

Aninditya Sri Nugraheni, Siti Khanifah. “Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” UIN Sunan Kali Jaga 1, no. 2 (2016).

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.

Disas, Eka Prihatin. “Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Pengembangan Dan Peningkatan Profesi Guru.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17, no. 2 (2017). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8251.

Fitriyah, Idatul, and Achadi Budi Santosa. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3538.

Imran, Ali. Kebijkasanaan Pendidikan Di Indonesia Proses. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Nirwana, Aida, Muniarti, and Yusrizal. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada Sd Negeri Unggul Montasik.” Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 3, no. 4 (2015).

Palettei, Arsyad Djamaluddin, and Wahyu Bagja Sulfemi. “Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522.

Raihan. “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA Di Kabupaten Pidie The Implementation of Rewards and Punishments within The Islamic Religious Education Learning in SMA (Public Senior High School.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2019).

Santosa, Achadi Budi Santosa. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.” Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 13, no. 1 (2022). https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004.

Shadili, John M. Echols dan Hassan. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia, 1996.

Wahjosumitjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoretik Dan Permasalahannya). Bandung: Alfabeta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.