Analisis Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Pendukung Optimalisasi Merdeka Belajar Jenjang Sekolah Dasar

Susana Eka Dewi, Anang Santoso, Radeni Sukma Indra Dewi

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara mendalam pada jenjang sekolah dasar (SD) di Kabupaten Malang dalam mendukung optimalisasi kurikulum Merdeka, menelaah permasalahan-permasalahan yang muncul serta mencari solusi pemecahannya. Desain penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan dengan mengumpulkan informasi data dalam bentuk buku, jurnal, catatan, bacaan dengan mengunjungi website yang menyediakan berbagai informasi terkait PMM. Studi kepustakaan dilakukan untuk menghimpun data, mengelompokkan data, menyajikan data dan menganalisis keterkaitan data dalam mengambil kesimpulan. Hasil analisis menyatakan bahwa  keinginan untuk belajar mandiri bagi guru masih sangat rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hari belajar di PMM, rendahnya aksi nyata yang dilakukan, rendahnya pemanfaatan pelatihan mandiri, tingginya percobaan post tes, dan rendahnya antusias ikut webinar. Sehingga secara umum, penggunaan PMM di Kabupaten Malang masih belum maksimal dilihat dari beberapa indikator.  Permasalahan yang  terjadi dalam IKM dan penggunaan PMM, antara lain 1) motivasi untuk belajar mandiri bagi guru masih sangat rendah; 2) Guru maupun kepala sekolah belum mengoptimalkan penggunaan Platform Mengajar sebagai pendukung pergerakan kurikulum merdeka; 3) pola pikir yang salah/ miskonsepsi terkait memanfaatkan fitur Belajar Mandiri pada platform merdeka; 4) platform memerlukan akses akun belajar.id dan terdaftar di dapodik selama minimal dua tahun mengajar sehingga tidak semua guru dapat mengakses PMM. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan kegiatan optimalisasi Platform Merdeka Mengajar dengan cara: (1) Pembentukan komunitas di satuan pendidikan (2) Pendampingan lokakarya, (3) Mengadakan Kelompok Kerja Guru (KKG) yang salah satu kegiatannya adalah Pendampingan PMM secara intensif terhadap guru.


Keywords


Analisis, Penggunaan Platform Merdeka Mengajar, Optimalisasi Merdeka Belajar

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rizki, Wulandari Citra Wibisono, Anugrah Kisvanolla, and Pris Ajeng Purwita. “Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 7, no. 2 (2023). https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.4028.

Darise. “Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Lmiah Iqra’ 13 (2) (2019).

Dirjen, SMP. “Komunitas Belajar Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka,” 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/komunitas-belajar-untuk-mendukung-kurikulum-merdeka/.

Hidayani, M. “Model Pengembangan Kurikulum.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 16 (2) (2018).

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022).

Marisa, M. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora) 5(1) (2021).

Muadz, Mohammad. “Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan Pmm Dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sd Di Kota Batu.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH) 2, no. 2 (2023).

Rahayu, E., Nurjati, N., & Khabib, S. “Kesiapan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” SNHRP, 2022.

Silvi Lisvian Sari, A., Pramesti, C., Suliana, R. R., & kunci, K. “Sosialisasi Platform Merdeka Mengajar Sebagai Wadah Belajar Dan Berkreasi Guru.” Jurnal Penamas Adi Buana 6 (01) (2022).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alphabet, 2019.

Surani, D., Asnawati, A. “Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di SMPN” Jubaedah: Jurnal, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.