Pengaruh Model Student Achievement Division Berbantuan Multiply Cards Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa

Futhoirotul Ufaiwiyah, Ari Suryawan, Septiyati Purwandari, Oktavia Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media pembelajaran Multiply Cards terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III MI Muhammadiyah Al Muttaqien Kabupaten Sleman. Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa dengan model STAD. Penelitian menggunakan metode kuantitatif desain pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian populasi karena semua siswa kelas III menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa 30 soal pilihan ganda yang dijadikan sebagai soal pretest dan posttest siswa. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Keseluruhan data berdistribusi normal ditunjukkan dengan uji normalitas. Uji paired sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dimana nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai posttest. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial dengan mengguankan uji-t dapat diketahui bahwa t-hitung sebesar 9,302 dengan (df) sebesar 17 pada taraf dignifikasi 0,05 diperoleh ttabel 2,110. Maka thitung > ttabel = 9,302 > 2,110 maka diperoleh 0,00 < 0,05 dengan demikian  diterima dan  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media pembelajaran Multiply Cards efektif diterapkan karena dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III MI Muhammadiyah Al Muttaqien Kabupaten Sleman.


Keywords


STAD, Multiply Cards, Kemampuan Berhitung, Matematika

Full Text:

PDF

References


Anisensia, Theresia, Gregorius Sebo Bito, and Marselina Wali. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDI Blidit Kabupaten Sikka.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.351.

Anwar, Khoirul, and Alberth Supriyanto Manurung. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Di MI Tarbiyatussa ’ Adah.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 6 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3486.

Benu, Adam Bol Nifu, Damianus Dao Samo, and Olivia Mariana Cardoso. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDI Fatukoa Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Blok Pecahan.” Journal of Character and Elementary Education 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.35508/jocee.v1i2.11871.

Dewi, Ni Luh Putu Arie Gargita, and I Wayan Wiarta. “Media Pembelajaran MultiPly Cards Berorientasi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 1 (2021). https://doi.org/doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32173.

Dilla, Tri Febriana, and Sukmawarti. “Pengembangan Media Multiply Cards Pada Pembelajaran Operasi Perkalian Bilangan Bulat Di Sekolah Dasar.” Center of Knowledge : Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2021).

Dumilah, Ratna. “Penggunaan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Berhitung Pecahan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 5, no. 1 (2020).

Ermawati, Diana, Rohmah Nur Anisa, Riki Wahyu Saputro, Nuzuulul Ummah, and Farhana Nur Azura. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam.” Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora 3, no. 2 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2.356.

Fatimah, Dewi, Murtono, and Su’ad. “Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 4, no. 3 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.29741.

Fitrah. “Mengembangkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Alat Peraga Untuk Siswa Kelas III SDN 09 Kepahiang.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 13, no. 1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.13.1.38-46.

Hasdaniarsyah, Imelda, and La Hadisi. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Diniyah Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1819.

Ningsih, Sulistio, Nurul Farida, and Nego Linuhung. “Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.” EMTEKA Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31332/dy.v1i1.1819.

Nudiah, Rudi Amir, and Musyarrafah. “Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa.” Global Journal Teaching Professional 2, no. November (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1129.

Nuraena, Elah, Iis Nurasiah, and Irna Khaleda Nurmeta. “Penerapan Media Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 32, no. 2 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v32i2.4182.

Rahmadita, Vina, and Epon Nuraeni L. “Desain Didaktis Luas Daerah Persegi Berbasis Model Pembelajaran SPADE.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32915.

Rahmawati, Desi. Kisah Profesi Pendidik Di Abad 21. Pascal Books, 2022.

Ramadhani, Alivia, Rizki Anandi, and Yenni Fitra Surya. “Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Papan Pengurangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1465.

Rangkuti, Rizki Kurniawan, Marwan Ramli, and Mulkan Iskandar Nasution. “Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe-STAD Terintegrasi ICT” 3, no. 1 (2019). https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i1.885.

Rofi’ah, Siti. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.51878/learning.v1i2.396.

Saputra, Hendri, Mujib, Abi Fadila, Mardiyah, and Wahyu Nofiansyah. “Model Pembelajaran POE Berbantuan Aplikasi Geogebra Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis.” EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.24127/emteka.v4i2.3560.

Sari, Eka Yuliana. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.” Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar III, no. November (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v3n2.p16-22.

Sari, Novita, Jayanti, and Ida Suryani. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tife STAD Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD.” Jurnal Sekolah 7, no. 4 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v7i4.48327.

Septian, Ari, Deby Agustina, and Destysa Maghfirah. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika.” MATHEMA JOURNAL 2, no. 2 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652.

Sumarni, Ela Titi, and Mansurdin. “Model Kooperative Learning Tipe STAD Pada Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.598.

Suratmi, Syarwani, and Melinda Puspita Sari Jaya. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Pembelajaran Berbasis Alam Pada Anak Usia Dini.” PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education 6, no. 2 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v6i02.10886.

Wulandari, Innayah. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4, no. 1 (2022). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.