Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka di MI/SD

Irfa’il Mar’ie Prabowo, Shaleh Shaleh, Nidya Ferry Wulandari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Analisis pendidikan humanis di MI/SD. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pendidikan humanis berbasis kurikulum merdeka belajar di MI/SD. Metode pada Penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan masih termasuk ke dalam penelitian literatur (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan observasi, penulis juga menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pendidikan humanis merupakan kegiatan intrakurikuler yang bertujuan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik. Adapun penggunaan pendidikan humanis berbasis kurikulum merdeka di MI/SD ini difokuskan pada kegiatan pendidikan di MI/SD, Implementasi pendidikan humanis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar terhadap peserta didik. Melalui kurikulum merdeka diharapkan proses belajar di jenjang MI/SD menjadi pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan pendidikan humanis yang diperoleh. Dengan menggunakan pendidikan humanis diharapkan peserta didik dapat lebih terlatih untuk menghadapi tantangan yang ada dalam lingkungan kerja, terutama di dunia pendidikan. Tidak hanya itu, adanya pendidikan multikultural yang berbasis kurikulum merdeka ini dapat memperluas jaringan dan kerja sama dengan pihak luar, sehingga kualitas dan mutu pembelajaran dalam pendidikan dapat memiliki kesempatan yang lebih banyak dalam mengembangkan diri.


Keywords


Pendidikan Humanis, Kurikulum Merdeka, MI/SD

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Johar, ‘Analisis Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Analition of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl’, Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4.02 (2023).

Chasanah, Maghfirotun, and Tutuk Ningsih, ‘Pendidikan Humanis Dalam Interaksi Edukatif, Dan Praktik Edukatif Di Mi Negeri 1 Banyumas 1 1,2’, J-PGMI : Jurnal Pendidikan Guru MI, 6.2 (2023).

Creswell, Jhon W, 30 Keterampilan Esensial Untuk Peneliti Kualitatif, Terjemah (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018).

Farihuromadhon, Syamsudin, ‘Analisis Pendidikan Merdeka Belajar Di MI Miftahus Sa’adah Ngawi Terhadap Minat Bakat Siswa’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7.1 (2023), <https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1488>

Inayati, ‘Konsep Dan Analisis Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di SD/MI’, in ICIE: International Conference on Islamic Education, 2022

Jannati, ‘Peran Guru Penggerak Dalam Analisis Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 7 No. (2023)

Nastiti, Ayem, and Ali Mohamad, ‘Gagasan Pendidikan Humanis Religius Abdurrahman Mas’ud Ayem Nastiti Dan Mohamad Ali’, ISEEDU Volume 4, Nomor 1, May 2020, 4.May 2020 (2020).

Nasution, Suri Wahyuni, ‘Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar’, Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1.1 (2021), <https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181>

Pertiwi, Intan, Leni Marlina, and Ketang Wiyono, ‘Kajian Literatur : Analisis Kurikulum Merdeka Di Sekolah - Sekolah Penggerak’, Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7.3 (2023), <https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2548>

Priantini, ‘Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas’, Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 8 No. (2022).

Rahayu, ‘Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak’, Jurnal Basicedu, Vol 6 No. (2022).

Rahmadayanti, D, and A Hartoyo, ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, Vol. 6 No. (2022).

Rasyid, Abdul, ‘Pendidikan Humanis Dalam Pandangan Paulo Freire’, Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 17.1 (2019), <https://doi.org/10.30863/ekspose.v17i1.109>

Rosid, Achmad Zainuri, and Sri Haryanto, ‘Analisis Dan Aktualisasi Pendidikan Humanis Religius Di Sekolah’, Jurnal Cakrawala Ilmiah Vol.2, No.9, Mei 2023, 2.9 (2023).

Wiguna, I. K. W, and M. A. N Tristaningrat, ‘Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar’, Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 3, No. 1, 3 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.