Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Inovasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nur Riska Kota Lubuklinggau

Susi Susanti, Muhammad Istan, Kusen Kusen, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Jumira Warlizasusi

Abstract


Kepemimpinan kepala madrasah merupakan kunci utama dalam menentukan keberhasilan dalam melaksanakan inovasi pendidikan. Kepemimpinan adalah rangkaian usaha seorang individu dalam mempengaruhi sekelompok orang dalam suatu komunitas untuk dalam mencapai tujuan. Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai arti sebagai proses kepala madrasah dalam memberikan pengaruh bagi seluruh warga madrasah yang ada melalui cara-cara tersendiri dalam mewujudkan tujuan pendidikan madrasah. Melihat fenomena di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan fokus: Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di MI Nur Riska Lubuklinggau, yang meliputi: 1) Inovasi pendidikan pada bidang Pembelajaran, dan Sarana Prasarana di MI Nur Riska Lubuklinggau; 2) Implementasi ide-ide baru di MI Nur Riska Lubuklinggau; dan 3) Pengaturan lingkungan kerja di MI Nur Riska Lubuklinggau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dalam penelitian ini meliputi: 1) Inovasi pendidikan bidang pembelajaran dan sarana prasarana pada MI Nur Riska Lubuklinggau dikemas dalam bentuk program perencanaan peningkatan mutu pembelajaran dan sarana prasarana pembelajaran, yaitu program peningkatan kualitas guru melalui supervisi, penilaian kinerja, diklat, PKG dan pemberdayaan KKM dan KKG, serta pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran; 2) Implementasi gagasan baru pada MI Nur Riska Lubuklinggau telah dilaksanakan dengan baik oleh semua komponen madrasah untuk kemajuan pendidikan mutu pembelajaran dan kelengkapan sarana prasarana penunjang pembelajaran di MI Nur Riska Lubuklinggau; 3) Mengatur lingkungan kerja pada MI Nur Riska Lubuklinggau dengan baik mulai dari yang berbentuk fisik dan nonfisik sehingga menjadi lingkungan kerja yang kondusif serta memungkinkan para guru dan karyawan untuk bekerja optimal.


Keywords


Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Inovasi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Mustika. “Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Didaktika: Jurnal Pendidikan 11 no.2 (2017).

Anam, H. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Prestasi Di SMA Negeri 1 Gerung Lombok Barat,” 2022.

Asha, Lukman. “Langkah Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Agama Islam Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Curup.” Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 4 no.2 (2019).

Bararah, I.. “Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10 no.2 (2020).

Eka, Yulia Ningrum. “Analisis Peran Gaya Kepemimpinan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Koperasi Unit Desa (Kud) Citra Sawit”. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2022.

Hardani, H, H Andriani, J Ustiawaty, and EF Utami. “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”. Yogyakarta: Pustaka Ilmu. 2020.

Jaya, Shinta Mahatma. “Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III Di SDN Kedungguwo,” Al-Thifl 3 no.2 (2023).

Khotimah, H. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Komunikasi Antar Anggota Organisasi, dan Struktur Organisasi Terhadap Budaya Organisasi di MAN se-Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2020/2021, Disertasi, IAIN Ponorogo,” 2022.

Pandit Isbianti, and Dwi Esti Andriani, “Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Klaten Jawa Tengah.” Jurnal Manajemen 3, no. 1 (2021).

Ratnasari, Tria. Dian Nur Muniroh. “Analisis Manajemen Perpustakaan Berdasarkan Peraturan No. 24 Tahun 2007 Oleh Menteri Pendidikan Nasional (Studi Kasus Di Di Man Pekalongan,” Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman 9. no.1 (2023).

Salim, H. “Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis”. Jakarta: Kencana. 2019.

Sangki, Richard Y, Christoffel Kojo, Greis M Sendow. “Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia).” (2014).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014. Accessed December 13, 2023.

Sulinda, N Nurliza. “Proses Keputusan Inovasi Amplang UMKM Di Kabupaten Kayong Utara” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis 5 no.3 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Susi Susanti, Muhammad Istan, Kusen Kusen, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, Jumira Warlizasusi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://journal.napri.gov.ng/